Jumat 14 Oct 2022 15:05 WIB

Anies Makan Siang Terakhir di Balai Kota

Anies sering mengandalkan menu yang bisa dijangkau dalam 20 menit dari Balaikota.

Rep: Zainur Mahsir Ramadhan/ Red: Andi Nur Aminah
Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan, mengundang sebagian wartawan Balai Kota untuk melihat aktivitas makan siang terakhirnya di ruang kerja, Jumat (14/10).
Foto: Republika/zainur mahsir ramadhan
Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan, mengundang sebagian wartawan Balai Kota untuk melihat aktivitas makan siang terakhirnya di ruang kerja, Jumat (14/10).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mulai menghabiskan hari-hari terakhirnya di Balai Kota DKI Jakarta sebagai gubernur, Jumat (14/10). Anies, bahkan sengaja mengundang sebagian wartawan Balai Kota DKI untuk melihatnya melakukan aktivitas makan siang terakhir di sebelah ruang kerjanya.

“Ini makan siang di kantor yang penghabisan,” kata Anies di ruang kerjanya, Jumat (14/10/2002).

Baca Juga

Anies bercerita, selama makan harian di Balai Kota, menu yang dipilih selalu berganti dan mengandalkan menu yang bisa dijangkau dalam 20 menit dari kantor. Dia sengaja, membeli makan dari luar demi kemudahan dan beragam variasi. “Jadi supaya gampang nyarinya kan. Ternyata 20 menit dari sini banyak sekali,” tuturnya.

Dia menambahkan, meski kerap memanfaatkan layanan pesan antar makanan, pihaknya juga seringkali meminta tim dapur pribadi untuk membelinya langsung. Hal itu, kata dia, lebih cepat dan efektif. “Kadang saya pergi sendiri,” ucapnya.

Alih-alih makan makanan di dapur pribadinya yang mayoritas salad, Anies mengaku lebih sering mengganti-ganti asupannya. Dia juga menampik makanan khas Nusantara yang selalu dikonsumsi. “Kadang request khusus,” paparnya.

Anies curhat, makanan favorit yang biasa dimakan saat ini adalah Sup Ikan Manado. Sedangkan kudapan yang paling sering dimakan, adalah gudeg.

Menurut dia, di hari kerja terakhirnya, Anies akan lanjut merapikan barang-barang pribadi setelah bercengkrama dan perpisahan dengan ASN DKI Jakarta. Anies menyebut dia telah mulai membereskan barang-barang pribadi sejak sepekan lalu.

“Dan dua hari lalu lemari saya dibongkar. Ini dulunya tempat buku saya, banyak buku sejak kuliah di Amerika dan akademisi di Paramadina di bawa ke sini,” jelas Anies menunjuk ruang makannya.

Selepas dibereskan, buku-buku yang ada dari ruang kerjanya, diakui Anies kembali dipindahkan ke perpustakaan kampus Paramadina. 

Berdasarkan pantauan Republika.co.id di ruang kantor Anies, berbagai barang pribadi tampak sudah sepi. Di ruang kerjanya, paling jelas terlihat foto pribadi dan beberapa dokumen, sisanya aset Pemprov DKI.

Di samping ruang kerja Anies yang memuat foto pribadi, presiden dan wakil presiden, ada taman dan kolam kecil. Sedangkan di belakang meja kerja, ada ruang yang disebut Anies sebagai perpustakaan kecil dan dijadikan tempat makan siang terakhirnya hari ini.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement