Kamis 13 Oct 2022 21:37 WIB

Banjir Bandang Rendam Ratusan Rumah di Pacitan

Sedikitnya 350 KK terisolasi akibat akses jalan terendam genangan air.

Warga memeriksa rumahnya yang porak-poranda diterjang banjir bandang (ilustrasi)
Foto: Antara/Destyan Sujarwoko
Warga memeriksa rumahnya yang porak-poranda diterjang banjir bandang (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PACITAN -- Banjir bandang merendam ratusan rumah pada sejumlah lokasi permukiman di Kota Pacitan, Jawa Timur, Kamis (13/10/2022). Akibatnya sedikitnya 350 KK terisolasi akibat akses jalan terendam genangan air.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana daerah (BPBD) Kabupaten Pacitan, Erwin Andriatmoko menyebut, titik genangan air terpantau ada di lingkungan Bleber Kelurahan Sidoharjo serta lingkungan Ngampel Kelurahan Ploso. "Total ada sekitar 350 KK yang terdampak," kata Erwin.

Baca Juga

Di lingkungan Bleber, banjir terjadi akibat tanggul sungai jebol. Ketinggian air di pinggiran Kota Pacitan ini setengah badan orang dewasa atau sekitar 75 centimeter.

Kendati tidak menimbulkan korban jiwa ataupun luka-luka, kerugian materiil yang dialami warga ditaksir mencapai puluhan juta. Banyak kendaraan, perabot rumah tangga hingga peralatan elektronik yang terendam dan tak sempat diselamatkan.

Kondisi genangan yang kunjung surut membuat sebagian besar warga yang terdampak memilih mengungsi ke rumah kerabat ataupun fasilitas penampungan sementara milik kelurahan. "Banyak warga yang terisolasi dan tak bisa kemana-mana karena pemukiman mereka dikepung banjir," lanjut Erwin.

BPBD dibantu tim Tagana juga mendirikan beberapa dapur umum untuk memastikan kebutuhan logistik warga terpenuhi. Banyaknya warga yang terisolasi ini menjadi perhatian serius Pemkab Pacitan. Bantuan logistik dasar, terutama makanan dan minuman mulai disalurkan.

"Kami berlakukan skala prioritas. Tentu saja ini tanpa ada maksud mengabaikan wilayah lain yang juga terdampak. Sementara ini prioritas untuk wilayah Bleber dulu," katanya.

Selain di Bleber, kawasan lain yang juga terendam genangan adalah Lingkungan Ngampel, Kelurahan Ploso. Puluhan Kepala Keluarga (KK) tak bisa kemana-mana karena lingkungan sekitar rumah dipenuhi air.

Sebagian warga yang rumahnya kemasukan air mengungsi ke tempat tetangga yang memiliki bangunan bertingkat. Ada pula yang menjadikan masjid sebagai tempat pengungsian sementara. Sedangkan jembatan di di pintu masuk permukiman beralih fungsi menjadi area parkir mobil.

Warga pun tampak saling bantu. Di antaranya memindahkan barang-barang milik warga terdampak ke tempat aman. Genangan berwarna putih kecoklatan juga menjadi tontonan warga. Bahkan tak sedikit anak-anak yang justru menjadikan air banjir sebagai wahana bermain.

"Di sini hampir semua warga RT terkena dampak. Sebagian besar (genangan) memang di jalan. Tapi ada beberapa rumah juga yang kemasukan (air)," terang Ketua RT 02 Lingkungan Ngampel Didik Purwoko. 

 

 

 

Cek Typo

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement