Kamis 13 Oct 2022 17:21 WIB

Konstruksi Perbaikan Stadion Kanjuruhan Dimulai 2023

Sebelumnya, Kementerian PUPR melakukan audit evaluasi Stadion Kanjuruhan.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Nidia Zuraya
Presiden Joko Widodo saat meninjau Stadion Kanjuruhan di Malang, Jawa Timur.
Foto: EPA-EFE/INDONESIAN PRESIDENTIAL PALACE/RUSMAN
Presiden Joko Widodo saat meninjau Stadion Kanjuruhan di Malang, Jawa Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan konstruksi perbaikan Stadion Kajuruhan, Malang akan dilakukan tahun depan. Saat ini Kementerian PUPR sudah memiliki tujuh rekomendasi dari hasil audit stadion tersebut. 

“Insya Allah 2023 kita mulai konstruksinya sesuai perintah Presiden. Mudah-mudahan dalam satu tahun sudah dapat diselesaikan pengerjaannya,” kata Basuki, Kamis (13/10/2022). 

Baca Juga

Basuki menambahkan Kementerian PUPR juga akan membuat desain baru untuk perbaikan stadion tersebut. Dia menuturkan, proses pengerjaan redesain Stadion Kanjuruhan dapat diselesaikan antara tiga sampai empat bulan dan dilanjutkan dengan pekerjaan fisik. 

“Kami juga akan membangun monumen untuk mengenang para korban," tutur Basuki. 

Sebelumnya, Kementerian PUPR melakukan audit evaluasi Stadion Kanjuruhan. Basuki mengatakan audit khusus untuk Stadion Kanjuruhan dilakukan tidak hanya untuk mencari tahu penyebab insiden terjadi, namun juga untuk mengantisipasi agar tidak terulang kembali. 

"Super prioritasnya dalam minggu ini kami harus selesaikan audit teknis Stadion Kanjuruhan. Insya Allah hari ini selesai audit oleh para pakar bangunan, struktur, arsitektur maupun Mechanical, Electrical, and Plumbing (MEP),” ungkap Basuki.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement