Ahad 09 Oct 2022 08:23 WIB

Banjir Bandang Landa Tujuh Desa di Ponorogo

Banjir bandang melanda tujuh desa di Ponorogo, Jatim akibat luapan air sungai.

Kondisi banjir di wilayah Kabupaten Ponorogo. Banjir bandang melanda tujuh desa di Ponorogo, Jatim akibat luapan air sungai.
Foto: Antara
Kondisi banjir di wilayah Kabupaten Ponorogo. Banjir bandang melanda tujuh desa di Ponorogo, Jatim akibat luapan air sungai.

REPUBLIKA.CO.ID, PONOROGO -- Banjir bandang melanda tujuh desa di Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur akibat luapan air sungai pascahujan dengan intensitas sedang selama beberapa jam sejak Jumat (7/10) siang.

Pantauan BPBD setempat, ketinggian air banjir yang masuk pemukiman warga mencapai kisaran 50-70 meter. "Banjir terjadi akibat luapan dari beberapa air sungai yang berada di desa-desa terdampak," kata Kepala BPBD Ponorogo Henry Wardhana, Sabtu.

Baca Juga

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Namun kerugian ditaksir mencapai ratusan juta. Aktivitas ekonomi di wilayah terdampak banjir juga terhenti hingga genangan air banjir surut dan jalan-jalan yang sempat terendam kembali bisa dilalui kendaraan.

Secara ekonomi, dampak banjir paling banyak dirasakan petani.Hal itu dikarenakan sawah-sawah dan ladang mereka terendam air hingga menyerupai telaga dengan luasan puluhan hektare.

Kendati banjir merendam pemukiman, warga mayoritas masih enggan mengungsi.Mereka memilih berjaga di depan rumah sembari membersihkan material lumpur dan air yang masuk rumah-rumah mereka.

"Sejak pagi tadi sekitar pukul 07.00 WIB, air sudah mulai masuk ke rumah dan menggenangi jalan," kata salah satu warga Desa Jabung, Supiyati.

Disebutkan, banjir terjadi pascahujan dengan intensitas sedang yang berlangsung hingga 10 jam lebih. "Banjir yang melanda dikarenakan luapan air Sungai Gendol yang melintasi desanya. Hanya bisa berdiam diri di rumah," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement