Sabtu 08 Oct 2022 09:44 WIB

Sosok-Sosok Pelobi Penting di Balik Indonesia tak Kena Sanksi FIFA

Lobi cepat dan lugas dilakukan agar sanksi FIFA tak jatuh menyusul tragedi Kanjuruhan

Rep: Dessy Suciati/Reja Irfa Widodo/ Red: Elba Damhuri
Tragei Kanjuruhan: Kelompok suporter menyalakan lilin dan melakukan aksi Doa Bersama Solidaritas Untuk Suporter Arema di Sukoharjo, Jawa Tengah, Jumat (7/10/2022). Aksi tersebut sebagai aksi solidaritas antar suporter dan bentuk keprihatinan atas tragedi suporter sepak bola Arema di Stadion Kanjuruhan Malang yang menewaskan 131 korban jiwa.
Foto:

Kemudian, kata Erick, ditambah dengan pertumbuhan ekonomi yang konstan, potensi pasar yang begitu besar, dan kondisi sosial politik yang stabil di Indonesia, FIFA siap memberikan dukungan maksimal kepada Indonesia.

"Sepak bola juga dapat menjadi salah satu pilar yang berkontribusi untuk kemajuan bangsa,'' kata mantan Presiden Inter Milan itu.

Menteri BUMN juga menyampaikan salam dan surat khusus dari Presiden Joko Widodo kepada Presiden FIFA. Pertemuan Erick dan Gianni berlangsung hangat dan akrab, mengingat keduanya berkawan sejak lama. 

Gianni Infantino menyampaikan rasa duka cita mendalam atas tragedi Kanjuruhan, terutama untuk keluarga korban.

Proses tak menghianati hasil. Upaya lobi yang dilakukan Presiden Jokowi dan Menteri BUMN Erick Thohir memberikan hasil maksimal: FIFA tak menjatuhkan sanksi bagi Indonesia, dalam hal ini PSSI.

Pada Jumat, 7 Oktober 2022, Presiden Jokowi menyampaikan langsung bahwa sepak bola Indonesia tidak dikenakan sanksi oleh FIFA terkait tragedi sepak bola di Stadion Kanjuruhan. 

Pesan ini disampaikan FIFA melalui surat yang dikirimkan kepada Presiden Jokowi. “Berdasarkan surat tersebut, alhamdulillah sepak bola Indonesia tidak dikenakan sanksi FIFA,” kata Jokowi.

Pemerintah bersama FIFA akan membentuk tim transformasi sepak bola Indonesia. Selama proses pembentukan tim transformasi itu, FIFA akan berkantor di Indonesia.

Jokowi mengatakan langkah-langkah kolaborasi antara FIFA, Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC), dan pemerintah Indonesia akan dilakukan. Ini terkait standar keamanan di seluruh stadion di Indonesia; memformulasikan standar protokol dan prosedur pengamanan yang dilakukan pihak kepolisian berdasarkan standar keamanan internasional; dan melakukan sosialisasi dan diskusi dengan klub-klub bola di Indonesia, termasuk perwakilan suporter untuk mendapatkan saran dan masukan serta komitmen bersama.

photo
Presiden Joko Widodo didampingi Iriana Jokowi mengunjungi korban selamat dalam tragedi sepak bola di Kanjuruhan, di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Saiful Anwar, Kota Malang, Jawa Timur. - (Rusman - Biro Pers Sekretariat Presiden)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement