Senin 26 Sep 2022 21:24 WIB

10 Cara Meningkatkan Penjualan Ala BEC

BSI terus memberikan motivasi kepada mahasiswa membangun bisnisnya

BSI Entrepreneur Center (BEC) sebagai lembaga yang mewadahi pengembangan kewirausahaan mahasiswa Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) sebagai Kampus Digital Kreatif, tidak pernah surut dalam memberikan motivasi pada mahasiwa dalam membangun bisnis baik yang baru memulai usaha maupun yang telah lama bergelut di dunia bisnis.
Foto: istimewa
BSI Entrepreneur Center (BEC) sebagai lembaga yang mewadahi pengembangan kewirausahaan mahasiswa Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) sebagai Kampus Digital Kreatif, tidak pernah surut dalam memberikan motivasi pada mahasiwa dalam membangun bisnis baik yang baru memulai usaha maupun yang telah lama bergelut di dunia bisnis.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--BSI Entrepreneur Center (BEC) sebagai lembaga yang mewadahi pengembangan kewirausahaan mahasiswa Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) sebagai Kampus Digital Kreatif, tidak pernah surut dalam memberikan motivasi pada mahasiwa dalam membangun bisnis baik yang baru memulai usaha maupun yang telah lama bergelut di dunia bisnis. 

Ada beberapa keluhan yang kerapkali diungkapkan oleh mahasiswa yang sedang merintis usahanya, salah satunya peningkatan omzet penjualan dari bisnis yang dijalankan. Lalu, bagaimana sih cara meningkatkan penjualan produk?  Dilansir dari ocbcnisp.com, Fuad Nur Hasan selaku kepala BEC sekaligus ketua Inkubator Bisnis BSI  membeberkan 10 cara meningkatkan penjualan. 

Baca Juga

Berikut 10 cara meningkatkan penjualan ala BEC: 

1. Meningkatkan kekuatan brand

Biasanya tanpa brand yang kuat, kita harus bersaing dengan harga yang ada dipasaran, tapi memberi harga rendah akan sulit meningkatkan omzet dan laba. Maka solusinya kita harus mengkuatkan brand agar tidak sampai menurunkan harga sehingga produk terkesan murahan, perkuatlah brand dengan membangun kepercayaan pada hati customer, beri service dan kualitas yang terbaik, dan jadikan bisnis punya value atau nilai lebih dari bisnis orang lain, dengan begitu customer akan puas dan setia menjadi pelanggan tetap, saat anda meluncurkan produk baru, pelanggan setia anda akan membelinya dengan senang hati.

2. Perluas target pasar

Supaya target pasar anda lebih luas, maka anda harus meningkatkan promosi agar semakin banyak orang yang mengetahui usaha anda. Dengan memanfaatkan semua platform penjualan online dan mengoptimalkan semua penggunaannya agar target pasar semakin banyak. Selain itu, anda juga dapat memasifkan pelebaran target pasar dengan memasang media promosi di jalan supaya orang semakin aware dengan bisnis anda serta tawarkan produk pada instansi agar semakin luas sasaran target market anda.

3. Tingkatkan kualitas produk

Produk yang berkualitas akan banyak dicari orang, produk yang berkualitas adalah produk yang lolos standar, yang diproduksi dengan bahan dan cara yang berkualitas juga, biasanya harga jadi ikut tinggi, tapi anda jangan khawatir karena biasanya pelanggan yang mencari kualitas akan rela membayar dengan harga tinggi sekalipun.

4. Memberi promo menarik

Pelanggan biasanya selalu senang apabila ada bisnis yang tengah memberi promo, dengan memberikan promo dapat memancing customer untuk membeli produk anda. Penjualan anda bisa meningkat, keuntungan berlipat, apalagi jika anda beri penawaran promo menarik dengan batasan waktu, misalnya diskon hanya berlaku dua hari, dijamin bisnis anda akan banjir pembeli. Sebab menimbulkan urgensi akan mendesak konsumen untuk segera membelinya.

5. Mengutamakan kepuasan pelanggan

Untuk menimbulkan kepuasan pelanggan anda harus memberi pelayanan yang terbaik. Pelayanan yang nyaman di hati customer akan membuat mereka betah dan setia karena sebaik apapun kualitas produk, apabila servicenya mengecewakan, maka pelanggan tidak akan kembali.

6. Menjaga pelanggan setia

Customer yang setia, merupakan asset berharga bagi pengusaha, jangan sampai karena terlalu fokus menyasar target market baru, sampai lupa untuk menjaga dan merawat konsumen tetap. Cara untuk menjaga dan merawat pelanggan setia adalah dengan memberikan pelayanan dan kualitas yang terbaik. Jangan sekali-sekali mengecewakan pelanggan tetap. karena sekali mereka kecewa, mereka tidak akan kembali lagi pada produk anda.

7. Optimasi media pemasaran

Jangan hanya mengandalkan pemasaran offline saja. Optimalakan penggunaan semua platform penjualan baik offline maupun online, kita harus bisa mengikuti perkembangan zaman. Digital marketing dapat membantu bisnis anda menjangkau target pasar yang lebih luas, banyak strategi digital marketing yang bisa dilakukan. Mulai dari optimasi instagram, beriklan di Facebook Ads, Google Ads, optimasi website, tiktok dan lain sebagainya.,

8. Beri garansi produk

Memberi garansi bisa membuat pelanggan merasssa lebih aman pada saat membeli produk anda. Dengan memberi garansi, dapat menjadi nilai lebih dari produk anda dan menciptakan kepercayaan pelanggan sehingga anda dapat memberikan harga tinggi karena pelanggan sudah percaya.

9. Beri testimoni/review

Anda dapat memberikan bukti dari testimoni dari costumer lain, karena biasanya ada beberapa konsumen yang tidak gampang percaya dengan kata-kata promosi dari penjual. Nah dengan adanya pemberian testimoni pelanggan akan percaya dengan pembeli yang pernah mencoba produk anda.

10. Strategi bundling

Trik meningkatkan penjualan secara ampuh bisa melalui strategi bundling. Pembeli tertarik membeli paket bundling karena harga yang ditawarkan lebih murah dibandingkan membeli eceran. Anda sebagai pelaku bisnis bisa mencoba metode ini.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement