Selasa 20 Sep 2022 23:17 WIB

Calon Ibu Dianjurkan Periksa Kesehatan Cegah HIV

Hal tersebut dilakukan agar tenaga kesehatan bisa mengantisipasi penanganan.

Petugas melakukan tes HIV pada darah seorang warga. Ilustrasi. Calon Ibu Dianjurkan Periksa Kesehatan Cegah HIV
Foto: Antara/Raisan Al Farisi
Petugas melakukan tes HIV pada darah seorang warga. Ilustrasi. Calon Ibu Dianjurkan Periksa Kesehatan Cegah HIV

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Kota Jakarta Barat menganjurkan calon ibu yang sedang mengandung agar memeriksa kesehatan ke puskesmas kelurahan dan kecamatan guna mengantisipasi penularan virus human immunodeficiency virus (HIV).

"Untuk ibu hamil, kami anjurkan periksa ke puskesmas. Bahkan pemeriksaan HIV seharusnya sudah dilakukan sebelum kondisi hamil," kata Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS Jakarta Barat, Sukarno di RPTRA Cengkareng Timur, Selasa (20/9/2022).

Baca Juga

Menurut Sukarno, hal tersebut perlu dilakukan agar tenaga kesehatan bisa melakukan antisipasi penanganan HIV untuk ibu dan bayi yang ada di janin. Jika dalam pemeriksaan kesehatan sang ibu dipastikan terjangkit HIV, maka tenaga kesehatan akan memberikan obat berupa Anti Retroviral (ARV) kepada sang ibu.

"Artinya sebelum hingga selama dia hamil, harus minum obat ARV. Tentunya dengan dosis tertentu karena sedang mengandung," kata Sukarno.

Pemberian obat itu dilakukan hingga sang ibu melahirkan. Setelah itu, bayi yang baru dilahirkan pun akan diberikan perawatan khusus dari tenaga kesehatan.

Perawatan itu dilakukan guna memastikan bayi tidak terjangkit atau meminimalkan penularan HIV dari ibu. "Belum tentu bayinya positif HIV. Bisa diobati, dicek untuk pencegahan," kata dia.

Dia berharap seluruh orang calon orang tua di Jakarta Barat bersedia memeriksakan kesehatan agar pencegahan bisa dilakukan dan angka kasus HIV di Jakarta Barat bisa ditekan. Sebanyak 351 warga di Jakarta Barat dinyatakan terjangkit HIV selama Januari hingga Juli 2022. Dari delapan kecamatan, Kalideres dan Cengkareng menyumbang 40 persen kasus HIV di Jakarta Barat.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement