Rabu 07 Sep 2022 09:47 WIB

BMKG Prakirakan NTB Dilanda Hujan Sedang Hingga Lebat

Warga NTB diharapkan tetap mewaspadai dampak bencana alam akibat hujan.

Awan mendung menyelimuti langit di Kota Mataram, NTB, Jumat (8/4/2022). BMKG Prakirakan NTB Dilanda Hujan Sedang Hingga Lebat
Foto: Antara/Ahmad Subaidi
Awan mendung menyelimuti langit di Kota Mataram, NTB, Jumat (8/4/2022). BMKG Prakirakan NTB Dilanda Hujan Sedang Hingga Lebat

REPUBLIKA.CO.ID, PRAYA -- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini cuaca di Nusa Tenggara Barat (NTB) masih berpotensi terjadi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang.

"Hari ini wilayah NTB berpotensi terjadi hujan," kata Prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi Zainuddin Abdul Madjid, Lombok, Gede Dedy Krisnawan dalam keterangan tertulisnya, Rabu (7/9/2022).

Baca Juga

Dengan adanya potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat dan angin kencang, masyarakat diharapkan tetap mewaspadai dampak bencana alam yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor dan pohon tumbang. "Warga tetap waspada terhadap dampak bencana yang ditimbulkan," katanya.

Potensi hujan di wilayah NTB itu terjadi di Kabupaten Lombok Barat seperti di Kecamatan Gerung, Sekotong, Lembar. Kabupaten Lombok Tengah di Kecamatan Pujut dan Praya Barat. Kabupaten Sumbawa di Kecamatan Plampang, Labangka dan sekitarnya.

BMKG juga menyatakan, potensi hujan dapat meluas wilayah Kabupaten Lombok Barat di Kecamatan Kediri, Narmada, Labuapi, Gunungsari, Lingsar, Batu Layar, Kuripan. Kabupaten Lombok Tengah di Kecamatan Praya, Jonggat, Praya Timur, Pringgarata, Praya Tengah, Praya Barat Daya. Kabupaten Lombok Timur di Kecamatan Jerowaru dan Kabupaten Sumbawa di Kecamatan Ropang, Empang, dan Maronge.

"Kota Mataram di Kecamatan Ampenan, Mataram, Cakranegara, Sekarbela, Selaparang, Sandubaya, dan sekitarnya. Kondisi ini diperkirakan masih akan berlangsung hingga sore hari," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement