Selasa 06 Sep 2022 13:28 WIB

Ini Alasan Jokowi Belum Lantik MenPAN-RB

Jokowi sibuk dengan rangkaian kunjungan kerja ke Papua, Ambon, dan Lampung.

Rep: Dessy Suciati Saputri  / Red: Ratna Puspita
Presiden Joko Widodo (Jokowi)
Foto: Tangkapan layar
Presiden Joko Widodo (Jokowi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) belum melakukan pelantikan menteri pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi hingga hari ini. Menurut Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Jokowi belum melakukan pelantikan pengganti Tjahjo Kumolo yang meninggal pada 1 Juli 2022 karena agenda presiden yang padat.

“Mungkin kan Pak Presiden kan sibuk kemarin kunker rangkaian Papua, Ambon, Lampung. Kemarin ada tamu negara,” kata Heru di Kompleks Istana Presiden, Jakarta, Selasa (6/9/2022).

Baca Juga

Jokowi memiliki agenda yang sudah terjadwalkan pada Rabu (7/9/2022) besok. Kemudian pada Kamis (8/9) lusa, Jokowi diagendakan untuk menghadiri acara Kementerian Pertahanan (Kemenhan).

“Besok di sini. Hari Kamis ada acaranya Kementerian Pertahanan, Komcad,” ujar dia.

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin menambahkan, pelantikan menteri merupakan hak prerogatif presiden. “Menteri kan pada intinya hak prerogatif Presiden,” kata Bey.

Jokowi sudah menunjuk Menko Polhukam Mahfud MD dan Mendagri Tito Karnavian sebagai Menteri PANRB Ad Interim. Namun lebih dari tiga bulan, kursi MenPAN-RB itu masih kosong. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement