Senin 05 Sep 2022 15:24 WIB

Gardu PLN di Jalan Ketapang Pasar Minggu Terbakar

Kebakaran trafo yang diduga karena kelebihan beban sempat menimbulkan ledakan.

Gardu PLN di Jalan Ketapang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan terbakar, Senin (5/9/2022) pukul 13.30 WIB.
Foto: Republika/Karta Raharja Ucu
Gardu PLN di Jalan Ketapang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan terbakar, Senin (5/9/2022) pukul 13.30 WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gardu PLN di Jalan Ketapang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan terbakar, Senin (5/9/2022) pukul 13.30 WIB. Dugaan sementara seorang petugas PLN di lapangan trafo terbakar karena kelebihan beban.

Api sempat membakar trafo yang berada bangunan Gardu PLN di Jalan Ketapang. Namun situasi bisa dikendalikan setelah petugas Pemadam Kebakaran Pasar Minggu turun. Satu unit mobil diterjunkan untuk menjinakkan api. Tidak sampai 20 menit api sudah bisa dipadamkan. 

Meski api tidak sampai membesar, ledakan trafo sempat membuat pintu gardu yang terbuat dari besi dan terkunci terbuka. Warga yang rumahnya menempel dengan gardu berhamburan keluar rumah untuk menyelamatkan diri. 

Untuk sementara sebagai pengganti PLN akan menyiapkan mobil trafo gardu berjalan. Gardu berjalan itu akan dioperasikan selama perbaikan yang waktunya belum diketahui berapa lama. 

"Kemungkinan karena panas dan kelebihan beban. Kita usahakan (perbaikannya) secepatnya, Pak," kata seorang petugas PLN yang enggan disebutkan namanya. 

Lurah Pasar Minggu, H Narip Arifin saat berkoordinasi dengan petugas PLN berharap perbaikan pemadaman bisa diselesaikan dengan cepat. "Mudah-mudahan warga sabar dan menerima," kata Narip singkat.

Dalam pantauan Republika, bangunan gardu tidak memiliki alat penghisap udara dan hanya memiliki lubang angin dan sebuah jendela sebagai aliran udara. Namun di depan jendela tersebut sebelumnya terparkir dua gerobak yang menghalangi aliran udara. Atas kebakaran ini, hingga Senin sore listrik di beberapa RW di Jati Padang mengalami pemadaman. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement