Rabu 31 Aug 2022 23:13 WIB

16 Ribuan Dosis Vaksin Covid-19 Kedaluwarsa, Dinkes Sangihe Tunggu Arahan Pemusnahan

Dinkes Sangihe telah memisahkan penyimpanan vaksin Covid-19 yang sudah kedaluwarsa.

Seorang petugas kesehatan menunjukkan tanggal kedaluwarsa vaksin Covid-19 pada Juli 2021 saat vaksinasi di sebuah rumah sakit di Banda Aceh, Indonesia, 22 Maret 2021. Dinkes Sangihe, Sulawesi Utara mencatat ada lebih dari 16 ribu dosis vaksin Covid-19 yang kedaluwarsa.
Foto:

Vaksin kedaluwarsa

Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono mengatakan, 40,2 juta dosis vaksin Covid-19 yang sudah kedaluwarsa telah dipisahkan dari tempat penyimpanan. Dengan begitu, vaksinnya tidak tercampur dengan vaksin yang belum kedaluwarsa.

"Bedanya, vaksin yang kedaluwarsa itu sudah tidak lagi tersimpan di cool box, tetapi di luar itu," kata Dante saat menghadiri agenda Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi IX DPR yang diikuti dari Youtube DPR di Jakarta, Selasa (30/8/2022).

Dante mengatakan, vaksin yang mengalami kedaluwarsa itu tersebar di sejumlah fasilitas penyimpanan di daerah. Menurut Dante, vaksin kedaluwarsa itu memang merupakan masalah yang perlu segera diatasi.

Sebagian besar vaksin kedaluwarsa berasal dari hibah negara sahabat. Vaksin yang diterima Indonesia tersebut memang memiliki tanggal kedaluwarsa yang sempit.

"Sampai saat ini sudah mencapai 40,2 juta vaksin yang expired," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement