Selasa 30 Aug 2022 22:09 WIB

Dirut: 40,8 Juta Dosis Vaksin Covid-19 di Bio Farma Habis Masa Simpan

Masa simpan vaksin berbeda dengan masa kedaluwarsa.

Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir. Menurut Honesti, ada sekitar 40,8 juta dosis vaksin yang sudah habis masa simpan dalam proses untuk melakukan perpanjangan data stabilitas dari manufaktur.
Foto:

Masa simpan untuk vaksin Covid-19 yang diberikan izin penggunaan darurat (EUA) selama pandemi masih singkat. Karena data hasil uji stabilitas pada saat pengajuan EUA baru tersedia untuk jangka waktu yang terbatas.

Namun demikian, uji stabilitas vaksin Covid-19 tersebut dapat terus dilanjutkan sesuai dengan protokol uji stabilitas untuk mendapatkan data stabilitas pada waktu yang lebih panjang. BPOM menetapkan batas kedaluwarsa vaksin sesuai standar internasional, yaitu dua kali waktu pelaksanaan uji stabilitas (2n).

Dengan demikian, semua vaksin Covid-19 yang baru diproduksi dan memiliki data uji stabilitas dengan durasi tiga bulan, diberikan persetujuan masa kedaluwarsa enam bulan pada saat pemberian EUA. Jika terdapat data baru, BPOM dapat melakukan perpanjangan batas kedaluwarsa sesuai dengan data yang diberikan oleh industri farmasi pemegang EUA.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement