Sabtu 27 Aug 2022 12:22 WIB

Anies Tekankan Kerja Sama Tiga Isu di U20 Setelah Pandemi Covid-19

Kota dunia saat ini memiliki peran penting  untuk mengatasi berbagai tantangan. 

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.
Foto: Republika/zainur mahsir ramadhan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menekankan, kerja sama tiga bidang utama terkait investasi, energi dan dunia kerja oleh pemerintah kota di Forum Urban (U20). Kerja sama ini untuk menghadapi tantangan setelah pandemi Covid-19.

"Kota dunia saat ini memiliki peran penting sebagai garda terdepan untuk mengatasi berbagai tantangan yang dihadapi oleh warga kota," kata Anies di Jakarta, Sabtu (27/9/2022).

Anies merinci, tiga bidang utama itu yakni investasi di sektor kesehatan dan perumahan rakyat sebagai landasan pemulihan ekonomi dan sosial. Kedua, mendorong transisi energi berkelanjutan dan akses yang adil untuk mobilitas berkelanjutan dan ketiga, memberikan edukasi dan pelatihan tentang masa depan pekerjaan demi akses pasar kerja yang merata.

Melalui U20, kota-kota yang mewakili negara-negara anggota G20 berkomitmen untuk bekerja sama dengan pemerintah nasional untuk mengatasi tantangan paling mendesak yang dihadapi dunia, termasuk pemulihan krisis akibat pandemi Covid-19.

Selain soal Covid-19, juga terkait isu darurat iklim dan peningkatan ketimpangan struktural. Tahun ini, U20 akan berfokus pada isu dan tantangan yang dihadapi oleh kota-kota akibat pandemi Covid-19 sesuai tema yang diangkat adalah Kota Pascapandemi.

Anies menambahkan, pertemuan U20 di Jakarta menjadi ajang saling tukar pikiran, ide dan gagasan untuk menghadapi tantangan global yang semakin kompleks dengan lebih baik.

Jakarta menjadi tuan rumah pertemuan para pemimpin pemerintah kota yang mewakili negara anggota Group of 20 (G20) atau Urban 20 Mayors Summit yang diselenggarakan di sebuah hotel, Jakarta Pusat, 30-31 Agustus 2022.

Nantinya, forum U20 menyampaikan rekomendasi terkait upaya menghadapi tantangan pemerintah kota kepada pemerintah Indonesia yang memegang presidensi G20 pada agenda Konferensi Tingkat Tinggi di Nusa Dua, Bali, 15-16 November 2022.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement