Kamis 25 Aug 2022 14:24 WIB

Dinkes Kota Bogor Buat Surat Edaran Antisipasi Cacar Monyet

Dinkes Kota Bogor membuat surat edaran untuk mengantisipasi cacar monyet.

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Bilal Ramadhan
Virus cacar monyet. Dinkes Kota Bogor membuat surat edaran untuk mengantisipasi cacar monyet.
Foto: CDC
Virus cacar monyet. Dinkes Kota Bogor membuat surat edaran untuk mengantisipasi cacar monyet.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR — Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor membuat surat edaran untuk meningkatkan antisipasi terhadap cacar monyet. Di samping itu, hingga saat ini belum ditemukan kasus cacar monyet di Kota Bogor.

“Kita sudah bikin surat edaran sesuai dengan turunan Kementerian Kesehatan untuk meningkatkan prokes antisipasi terhadap cacar monyet. Alhamdulillahh belum ada (kasus),” kata Kepala Dinkes Kota Bogor, Sri Nowo Retno, kepada Republika, Kamis (25/8/2022).

Baca Juga

Retno mengatakan, petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis dari penanganan cacar monyet sudah diterima oleh Dinkes Kota Bogor. Termasuk dengan pengawasannya.

Di samping itu, kata dia, protap penanganan cacar monyet juga telah diterima Dinkes Kota Bogor. Dimana secara umum penanganannya hampir sama dengan cacar biasa. “Hampir sama dengan cacar. Mungkin dia reaksinya lebih berat, tapi mirip-mirip cacar air,” tuturnya.

 

Ia menambahkan, penyebaran cacar monyet sama seperti Covid-19. Yakni melalui kontak langsung dan melalui droplet. “Jadikan balik lagi akhirnya prokes, pakai masker, hand hygiene kita galakkan,” pungkasnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement