Selasa 23 Aug 2022 13:27 WIB

Pj Bupati Apriyadi Fasilitasi KUD dan Kades di Tungkal Jaya

Pj Bupati Apriyadi genjot replanting sawit usia di atas 25 tahun di Muba

Pj Bupati Musi Banyuasin (Muba) Apriyadi saat menerima perwakilan kepala desa dan ketua Koperasi Unit Desa (KUD) di Kecamatan Tungkal Jaya di Ruang Audiensi Bupati, Selasa (23/8/2022).
Foto: Pemkab Muba
Pj Bupati Musi Banyuasin (Muba) Apriyadi saat menerima perwakilan kepala desa dan ketua Koperasi Unit Desa (KUD) di Kecamatan Tungkal Jaya di Ruang Audiensi Bupati, Selasa (23/8/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, SEKAYU - Hilirisasi komoditas kelapa sawit menjadi hal yang gencar dilakukan Pj Bupati Musi Banyuasin (Muba) Apriyadi. Hal ini juga merupakan skema untuk mengimbangi kebijakan pemerintah pusat untuk menekan penggunaan penggunaan BBM berbahan fosil dan memanfaatkan BBM berbahan nabati yang salah satunya memanfaatkan pengolahan kelapa sawit. 

Oleh sebab itu, Apriyadi mendorong petani sawit rakyat agar mengikuti program replanting atau peremajaan kelapa sawit khususnya kelapa sawit yang sudah berusia di atas 25 tahun. "Jadi kelapa sawit ini akan menjadi sektor perkebunan yang sangat menjanjikan ke depannya. Oleh sebab itu kualitas kelapa sawit petani rakyat kita harus bagus dan berkualitas dengan harus dilakukan peremajaan," ungkapnya saat menerima perwakilan kepala desa dan ketua Koperasi Unit Desa (KUD) di Kecamatan Tungkal Jaya di Ruang Audiensi Bupati, Selasa (23/8/2022). 

Baca Juga

Menurutnya, dengan persiapan-persiapan tersebut tentu Kabupaten Muba sangat strategis untuk mendirikan pabrik kelapa sawit yang dikelola langsung petani sawit Mandiri bersama KUD dan warga setempat. "Kalau kualitas kelapa sawit kita semakin baik tentu kesejahteraan petani sawit Muba akan meningkat dan proses hilirisasi berjalan dengan lancar," tuturnya. 

Apriyadi menyebut saat ini terdata 17 ribu hektare lahan yang tertanam program replanting kelapa sawit di Muba. "Dan sudah menghasilkan di tujuh ribu hektare kebun kelapa sawit milik petani rakyat," bebernya.

Camat Tungkal Jaya Sugeng Riyadi menyebutkan saat ini pihaknya telah memfasilitasi koordinasi antara perangkat desa dengan KUD di Kecamatan Tungkal Jaya untuk menginventarisir lahan kelapa sawit milik petani rakyat untuk dilakukan replanting. "Saat ini KUD terus intens berkoordinasi dengan Dinas Perkebunan untuk usulan peremajaan kelapa sawit milik petani rakyat khususnya di kawasan Kecamatan Tungkal Jaya," kata Sugeng.

Pihaknya terus memaksimalkan koordinasi dengan pihak terkait untuk menuntaskan proses legalitas lahan perkebunan kelapa sawit milik petani rakyat. "Alhamdulillah Pak Bupati Apriyadi sangat memfasilitasi dengan baik dan terus mendorong agar proses replanting atau peremajaan perkebunan kelapa sawit rakyat berjalan lancar," tuturnya. 

Dalam kesempatan itu, Pj Bupati Muba didampingi Kepala BPN Muba Ahmad Aminullah, Kadisbun Muba diwakili Kabid Produksi Driyanto, Kadinkominfo Muba diwakili Kabid Komunikasi Publik Yettria. Turut hadir Ketua KUD Mandiri Jaya Makmur Desa Banjar Jaya Purwo Pamungkas, Ketua KUD Jaya Usaha Mandiri Desa Sinar Harapan Supriyanto, Ketua KUD Tani Mandiri Jaya Desa Sido Mulyo Jasri, Ketua KUD Sumber Sari Desa Sumber Sari Ali Usman, Ketua KUD Bersama Makmur Desa Sri Mulyo Irkhamni, serta Ketua KUD Sumber Tani Mandiri Desa Sumber Harum, Sumingan, Wawan Setiawan. 

Hadir pula Kades Beji Mulyo Subroto, Kades Banjar Jaya Darmawan Saputra, Kades Sinar Harapan Jumali, Kades Sri Mulyo M Su'ud, Kades Sumber Harum Manawiyah Siregar, Kades Sumber Sari Taufik Ilahi, dan Kades Sido Mulyo Suwito.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement