Senin 22 Aug 2022 08:28 WIB

Swadaya Fair, Refleksi Upaya Warga Satu RT di Pondok Jaya Bertahan di Tengah Pandemi

Baru satu RT sudah luar biasa meriah, bagaimana kalau satu kelurahan.

Suasana Swadaya Fair yang  digelar di Jalan Swadaya RT 05  RW 01 Pondok Jaya, Kota Depok.
Foto: Istimewa
Suasana Swadaya Fair yang digelar di Jalan Swadaya RT 05 RW 01 Pondok Jaya, Kota Depok.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Kelurahan Pondok Jaya, Kecamatan, Cipayung, Depok menggelar acara Swadaya Fair, di Jalan Swadaya RT 05  RW 01 Pondok Jaya. Kegiatan itu  dalam rangka menyambut dan memeriahkan HUT ke-77 RI sekaligus memperkenalkan produk-produk UMKM yang selama pandemi cukup membantu warga masyarakat untuk terus survive dalam mengisi hari-hari dengan kreativitas.

Acara yang dimulai dengan tari jatilan oleh Bapak Bejo dengan kostum dan aksesoris persis seperti tokoh wayang yang terkenal yaitu Bagong sebagai pembuka sekaligus menyambut pejabat setempat yang hadir. 

Swadaya Fair yang dikomandoi oleh Ketua Panitia, Waslim berkolaborasi dengan RT 05 dan RT  07 dan pemuda-pemuda RT setempat ini sudah berjalan selama tiga minggu sebelum HUT RI dan dimeriahkan dengan berbagai lomba. Antara lain lomba, tenis meja, remi, gaplek dan senam oleh ibu-ibu PKK. “Swadaya Fair kami gelar sebagai bentuk partisipasi kami sebagai warga dalam mendukung kreativitas warga dan memeriahkan HUT RI Ke-77.  Selain itu juga sebagai bentuk kebersamaan yang solid kami sebagai warga,” ujar Waslim dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Ahad (21/8/2022). 

Selain itu juga segenap masyarakat RT 05 terus memberdayakan masyarakatnya dengan cara membuka sekolah SSG (Sekolah Sahabat Gerintas) dengan memberikan edukasi-edukasi kepada anak-anak supaya terus semangat meraih cita-cita di berbagai kondisi. Tujuannya  bisa menciptakan semangat generasi muda yang bahagia, berilmu, berbagi dan beribadah. 

 

Kemeriahan Swadaya Fair yang digelar persis di sepanjang Jalan Swadaya diisi dengan pengusaha-pengusaha UMKM dengan berbagai produk jualannya antara lain peyek, kue basah, minuman kekinian, pakaian, dan lain-lain. Ada sekitar 40 produk UMKM yang mengisi stan-stan Swadaya Fair pagi ini. 

“Baru satu RT ini sudah luar biasa meriah dan semangatnya, bagaimana kalau satu keluarahan bisa lebih wow lagi,”  ujar Camat Cipayung Depok, Hasanudin yang menyempatkan hadir dadakan untuk mendukung acara ini. Selain itu,  ada lurah dan Binkamtipnas  ikut hadir juga didampingi bapak RT dan RW Kelurahan Pondok Jaya, Depok. 

Acara berjalan dengan sukses berkat kekompakan  segenap panitia,  antara lain Iptu Muhammad Sodiq yang selalu memberi motivasi kebersamaan warga setempat. Semua bisa merasakan suka cita yang diisi dengan doorprize, karoke, dan juga joget asik oleh segenap panitia. “Sukses untuk Swadaya Fair 2022,” ujarnya. 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement