Jumat 05 Aug 2022 04:08 WIB

Ganjar: Hasil Pemeriksaan Suspek Cacar Monyet Negatif

Tes PCR terhadap suspek cacar monyet di Jawa Tengah menunjukkan hasil negatif

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
Penyakit cacar monyet atau monkeypox. Tes PCR terhadap suspek cacar monyet di Jawa Tengah menunjukkan hasil negatif. Ilustrasi.
Foto: CDC via AP
Penyakit cacar monyet atau monkeypox. Tes PCR terhadap suspek cacar monyet di Jawa Tengah menunjukkan hasil negatif. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID BOYOLALI -- Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengungkapkan hasil tes pemeriksaan terhadap seorang pasien suspek cacar monyet sudah keluar. Hasil pemeriksaan menyatakan yang bersangkutan negatif.

"Kemarin terindikasi satu, tadi hasil PCR-nya negatif," kata Ganjar di sela melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Boyolali, Kamis (4/8/2022).

Baca Juga

Kendati demikian, orang nomor satu di Jateng itu mengingatkan kepada masyarakat agar tetap waspada terhadap cacar monyet dan tetap menerapkan pola hidup sehat dalam mengantisipasi penyakit tersebut. Menurut dia, setiap orang yang memiliki gejala mirip cacar monyet harus segera menjalani pemeriksaan sebagai langkah antisipatif.

"Semua sekarang kalau ada gejala segera periksa. Itu yang paling penting," ujar Ganjar.

Ganjar juga menginstruksikan jajarannya melakukan koordinasi dengan instansi terkait termasuk dengan Kementerian Kesehatan dalam mengantisipasi penyebaran penyakit cacar monyet. Mantan anggota DPR RI itu juga meminta pemerintah pusat memperketat akses masuk Indonesia untuk mencegah penyebaran cacar monyet yang sudah muncul di beberapa negara.

"Kami meminta karena ini pasti ada pengaruh dari luar, maka pintu masuk Indonesia masih butuh pengetatan-pengetatan dan checking menggunakan banyak peralatan agar bisa aman," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement