Ahad 31 Jul 2022 09:03 WIB

Ke Pasar Keputran Bersama Khofifah, Zulhas Bahagia Harga Bapok Turun

Mendag juga memantau bapok di Pasar Kasih Naikoten, Kota Kupang, NTT, Sabtu siang.

Mendag Zulkifli Hasan didampingi Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di Pasar Keputran, Kota Surabaya, Sabtu (30/7/2022) malam WIB.
Foto: Istimewa
Mendag Zulkifli Hasan didampingi Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di Pasar Keputran, Kota Surabaya, Sabtu (30/7/2022) malam WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan (Zulhas) didampingi Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa melakukan inspeksi mendadak dengan meninjau para pedagang di Pasar Keputran, Kota Surabaya, Sabtu (20/7/2022) malam WIB. Dia ingin memastikan ibu-ibu rumah tangga semakin bahagia karena harga barang kebutuhan pokok (bapok) terus mengalami penurunan.

Dengan harga bapok yang terjaga maka inflasi bisa tetap terkendali. "Kita syukuri mudah-mudahan harga bapok rendah dan stabil terus sehingga inflasi terjaga. Kalau harga-harga turun maka ibu-ibu yang dagang dan ibu rumah tangga senang dan bahagia," ujar Zulhas di Pasar Keputran dalam siaran di Jakarta, Ahad (31/7/2022).

Zulhas juga didampingi Pelaksana Tugas (Plt) Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Syailendra serta Dirjen Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Veri Anggrijono. Dia mengaku, sengaja tidak ke lokasi pada pagi, karena komoditas di pasar grosir tersebut tidak untuk dijual lagi. Pasar Keputran merupakan pasar grosir, khususnya untuk produk hortikultura, seperti bawang, cabai, dan sayuran.

Geliat pada pasar itu mulai memuncak pada sore hingga dini hari. "Saya terkejut, harga bawang merah mulai Rp 25 ribu sampai Rp 28 ribu per kilogram (kg). Artinya pengecer bisa jual Rp 35 ribu sampai Rp 40 ribu per kg. Harga ini sudah jauh menurun dari harga sebelumnya," kata Zulhas.

Dia juga menyebutkan, komoditas hortikultura lain di Pasar Keputran terus menurun. "Segala jenis cabai, harga rata-rata sudah Rp 55 ribu per kg. Jadi pengecer bisa jual di harga Rp 60 ribu sampai Rp 65 ribu per kg. Jauh lebih murah. Sementara harga bawang putih dan beras stabil. Sedangkan harga sayuran cenderung turun," ucap ketua umum DPP PAN tersebut.

Zulhas menegaskan, Kemendag terus melakukan pemantauan guna menjaga ketersediaan pasokan dan harga bapok di seluruh Indonesia. Pada Sabtu siang WITA, ia juga memantau harga dan pasokan bapok di Pasar Kasih Naikoten, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur. "Saya keliling terus. Tadi pagi saya ke Pasar Kasih Naikoten. Harga daging sapi di sana termurah se-Indonesia, Rp 110 ribu per kg," ujar Zulhas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement