Selasa 26 Jul 2022 11:04 WIB

Klaim HAKI Citayam Fashon Week, Baim Wong Minta Maaf: Salahkan Semua ke Saya

Baim mengaku sempat menghubungi Bonge terkait pendaftaran HAKI itu.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Teguh Firmansyah
Remaja melakukan peragaan busana di kawasan Dukuh Atas, Jakarta, Senin (25/7/2022). Peragaan busana bertajuk Citayam Fashion Week kini semakin ramai dilakukan oleh berbagai kalangan mulai dari artis, content creator hingga remaja yang datang dari ibu kota maupun luar kota. Republika/Putra M. Akbar
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Remaja melakukan peragaan busana di kawasan Dukuh Atas, Jakarta, Senin (25/7/2022). Peragaan busana bertajuk Citayam Fashion Week kini semakin ramai dilakukan oleh berbagai kalangan mulai dari artis, content creator hingga remaja yang datang dari ibu kota maupun luar kota. Republika/Putra M. Akbar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Keputusan pendaftaran Citayam Fashion Week (CFW) sebagai Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) oleh pasangan selebriti Baim Wong dan Paula Verhoeven berujung permintaan maaf. Setelah protes oleh masyarakat umum dan beberapa tokoh, Baim Wong meminta maaf atas keputusan tersebut.

“Idenya sebenarnya bukan HAKI. Idenya, kompetisi agar CFW tidak seperti ini aja,” kata Baim dalam akun Instagram @baimwong, dikutip Republika.co.id, Selasa (26/7/2022).

Baca Juga

Kemudian Baim mencari tahu siapa yang sudah mempunyai HAKI. Namun, karena belum ada, dia menghubungi Bonge. “Kalau saya tipikal orang yang mengambil gitu aja, saya gak nanya dulu sama Bonge. Nah, ini kan saya nanya, boleh gak, yuk kita buat bareng,” ujarnya.

Baim Wong mengaku dia hanya ingin mengadakan ajang besar untuk para anak muda yang nongkrong di area Dukuh Atas. Namun, karena banyak protes dari publik dan tokoh, dia memilih untuk meminta maaf. Dia juga meminta agar persoalan ini tidak melibatkan istrinya.

“Tolong salahkan semua pada saya. Kalau bisa jangan menyalahkan kepada tim atau istri saya. Semua terjadi karena memang ide saya. Saya pun minta maaf karena tindakan saya ini membuat banyak dari kalian kesal yang akhirnya berkata negatif ke saya. Demi Allah saya tidak mempunyai dendam ke kalian. Sekali lagi saya minta maaf,” tambahnya.

Sebelumnya, perusahaan Baim Wong, PT Tiger Wong Entertainment mendaftarkan HAKI atas penamaan "Citayam Fashion Week." Berdasarkan laman PDKI (Pangkalan Data Kekayaan Intelektual) yang dilihat Republika.co.id, Citayam Fashion Week sudah didaftarkan dua permohonan. Pertama yakni PT Tiger Wong Entertainment yang berkantor di Kebayoran Lama Selatan, Jakarta Selatan. PT Tiger Wong diketahui milik dari Baim Wong yang pada April lalu mendapatkan dana segar invetasi.

Tanggal penerimaan pendaftaran pada 20 Juli 2022. Citayam Fashion Week disebut di sana sebagai hiburan dalam sifat peragaan busana, layanan hiburan yaitu menyediakan podcast di bidang mode, layanan pelaporan berita di bidang fashion, menyediakan video online yang tidak dapat diunduh di bidang mode.

Selain itu masuk juga organisasi peragaan busana untuk tujuan hiburan, pelaksanaan pameran, peragaan busana, dan pameran kebudayaan untuk tujuan hiburan, pengaturan peragaan busana untuk keperluan pertunjukan, perencanaan pesta [hiburan] untuk acara promosi sehubungan dengan peragaan busana, produksi program televisi di bidang mode untuk tujuan hiburan, serta publikasi majalah mode untuk tujuan hiburan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement