Senin 25 Jul 2022 19:16 WIB

Beredar Galon Air Mineral Palsu, Bagaimana Cara Bedakan Asli dan Tiruan?

Terdapat sejumlah langkah antisipai galon asli dan palsu di pasaran

Air kemasan galon (ilustrasi). Terdapat sejumlah langkah antisipai galon asli dan palsu di pasaran
Foto: Istimewa
Air kemasan galon (ilustrasi). Terdapat sejumlah langkah antisipai galon asli dan palsu di pasaran

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Polres Cilegon membongkar kasus pengoplosan galon air mineral isi ulang di Kelurahan Panggungrawi pada pekan kemarin.

Para pelaku setiap hari bisa memproduksi kurang lebih 100 galon. Berarti dalam satu bulan bisa memproduksi 2.500 galon.

Baca Juga

Mereka menjual galon yang sudah ditempel merek dan tutup botol kemasan mereka ternama dengan harga Rp 16 ribu per galon. Lantas bagaimana memastikan sebuah galon air mineral bisa diidentifikasi?  

Communications Director Danone Indonesia, Arif Mujahidin, menyampaikan sejumlah tips agar konsumen dapat memastikan bahwa produk yang dibeli dan dikonsumsi asli dan terhindar dari pemalsuan. 

 

"Ciri pertama, galon asli tutupnya berwarna kombinasi biru dan putih, pada bagian permukaan tutup Aqua galon terdapat tulisan berlogo Danone Aqua dan lambang Aqua Quality Commitment (AQC), ada kode produksi di tutup galon yang sama kodenya dengan di badan galon pada lekukan ketiga atau yang pertama," ujar Arif, dalam keterangannya, Senin (25/7/2022).  

Pada badan galon di lekukan ketiga setelah bahu galon tersebut, terdapat kode BB, yang bertuliskan print tinta hitam yang menunjukkan tanggal, bulan dan tahun pembuatan. 

Pastikan cetakan tanggal kedaluwarsa dalam keadaan sempurna, terbaca jelas dan produk tidak kedaluwarsa.  

"Pada bagian badan galon terdapat tulisan Aqua timbul, di tengah badan galon terdapat label yang berlogo Danone Aqua," jelas Arif. 

Setelah itu, pada bagian segel tutup galon terdapat model droplet atau tetes air yang digunakan sebagai alur pembuka. Pada saat membuka tutup galon, alurnya dalam keadaan rapi dan tidak seperti sudah dibuka.  

Setiap galon Aqua berisi air bersih 19 liter. Pastikan air di dalam galon tampak bening dan tidak berbusa. Produk yang asli kata Arif juga tidak akan mengeluarkan aroma apapun, air terasa segar saat diminum, dan tidak memberikan rasa keset. 

Dia berpesan kepada konsumen untuk mencegah praktik pemalsuan Aqua yakni dengan merusak tutup galon setelah dibuka agar tutup tak dapat digunakan lagi. Kemudian, saat menuang ke dispenser, jangan menyentuh leher botol.       

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement