Kamis 21 Jul 2022 07:14 WIB

Promosikan Geopark Meratus, Pemprov Kalsel Gelar Lomba Fotografi

Pemprov Kalsel berupaya melindungi dan melestarikan kawasan Pegunungan Meratus

Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor mendukung penuh upaya peningkatan promosi pariwisata sebagai bagian dari transformasi Kalsel dari sumber daya tak terbarukan menjadi sumber daya terbarukan. Pelestarian Geopark Meratus salah satunya.
Foto: Pemprov Kalsel
Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor mendukung penuh upaya peningkatan promosi pariwisata sebagai bagian dari transformasi Kalsel dari sumber daya tak terbarukan menjadi sumber daya terbarukan. Pelestarian Geopark Meratus salah satunya.

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARBARU -- Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) terus berupaya mendongkrak pariwisata khususnya Geopark Meratus. Salah satu upaya yang dilakukan Pemprov Kalsel adalah dengan menggelar lomba fotografi tentang Geopark Meratus.

Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor mendukung penuh upaya peningkatan promosi pariwisata sebagai bagian dari transformasi Kalsel dari sumber daya tak terbarukan menjadi sumber daya terbarukan.

Baca Juga

Pengelolaan Geopark Meratus lanjut pria yg akrab disapa Paman Birin, merupakan upaya Pemprov Kalsel untuk melindungi dan melestarikan kawasan Pegunungan Meratus.

Pada kesempatan tersebut Paman Birin juga mengucapkan selamat kepada para peserta yang karyanya masuk dalam nominasi. Paman Birin juga mengucapkan terima kasih kepada para fotografer yang telah ikut berpartisipasi mengirimkan karya terbaiknya.

photo
Salah satu dari 27 karya jurnalistik yang masuk dalam nominasi lomba fotografi Geopark Meratus. - (Pemprov Kalsel)

Perhelatan kompetisi fotografi Geopark Meratus menuju Unesco Global Geopark ( UGG), di selenggarakan Badan Pengelola Geopark Meratus dan Kantor Berita Antara yang didukung Pemerintah Provinsi Kalsel. Saat kegiatan tersebut telah selesai dan memasuki tahap pembagian hadiah kepada para pemenang masing masing kategori.

Minggu lalu penjurian telah dilakukan, Dewan juri yg terdiri dari Donny Sophandi

Mewakili Badan Pengelola Geopark Meratus, Prasetio utomo Kepala Redaksi Foto LKBN Antara, dan Ulet Ifan dari Getty Images telah memilih 27 foto terbaik dari 600 lebih yang masuk di tiga kategori yaitu Bentang Alam, Budaya dan Hayati.

Kurasi dan seleksi oleh dewan juri terbilang ketat dan membutuhkan waktu yang lumayan lama karena beberapa faktor dari segi mencocokan data teknis tentang foto dan lokasi pengambilan.

"Terlebih di kategori Hayati, juri harus ekstra hati-hati dan sesekali membuka 'kamus' untuk memastikan apakah foto-foto satwa dan floranya, benar berada di hutan meratus atau sebagai obyek pendukung Geopark Meratus ujar salah satu juri," Donny Sophandi .

Adu argumen dari masing-masing juri pun tak terelakan, antara foto yang berestetika dan memiliki nilai jual sebagai promosi Geopark sendiri menjadi perdebatan. Namun dari perdebatan sehat tersebut menjadi sebuah kekuatan untuk menentukan foto mana yang dianggap bisa mewakili foto Geopark Meratus yang berkarakter kuat yang nantinya akan di pamerkan di Galery Foto Antara di Jakarta.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Hanifah Dwi Nirwana menjelaskan, terkait pengumuman dengan pembagian hadiah yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini. “Insya Allah, penyelenggaraan pengumuman dan pembagian hadiah akan kita gelar semeriah mungkin, mengingat saat ini kita sedang gencar – gencarnya mempromosikan Geopark Meratus kehalayak luas. Nantinya para pemenang akan kita wajibkan hadir untuk menerima hadiah, yang waktunya masih kami sesuaikan,” ujar Hanifah yang juga sebagai Ketua Harian di Badan Pengelola Geopark.

Sementara itu, Nur Arief Nugroho, Tenaga Ahli Geopark Meratus Park menjelaskan bahwa, dengan terkumpulnya foto- foto dari peserta, tentunya akan menjadi bahan referensi pengelola. "Karena dari sekian banyak foto-foto yang di dokumentasikan peserta lomba, ternyata ada banyak yang kami belum dokumentasikan, dan ternyata Geopark Meratus memiliki karakter tersendiri akan budaya, hayati dan bentang alamnya," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement