Jumat 15 Jul 2022 06:19 WIB

Booster Jadi Syarat, KAI Daop 6 Hadirkan Layanan Vaksinasi

KAI terus menambah layanan vaksin Covid-19 gratis bagi pelanggan di berbagai kota

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Gita Amanda
Petugas bersiap menyuntikan vaksin COVID-19 ke warga di stasiun. (ilustrasi)
Foto: ANTARA/Sigid Kurniawan
Petugas bersiap menyuntikan vaksin COVID-19 ke warga di stasiun. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Mulai 17 Juli 2022, pelanggan KA jarak jauh di atas 17 tahun wajib sudah menerima vaksinasi booster. Karenanya, KAI terus menambah layanan vaksin Covid-19 gratis bagi pelanggan di berbagai kota untuk membantu melengkapi syarat .

Manajer Humas KAI Daop 6, Supriyanto mengatakan, layanan vaksinasi gratis bisa didapatkan di berbagai stasiun dan Klinik Mediska. Ia merasa, melalui vaksinasi yang semakin gencar semakin banyak masyarakat terlindungi dari ancaman Covid-19.

Klinik Mediska merupakan faskes milik KAI berlokasi di lingkungan stasiun. Saat ini, tersedia di Stasiun Manggarai, Klinik Mediska Cirebon, Stasiun Purwokerto, Klinik Mediska Kroya, Klinik Mediska Kutoarjo dan Klinik Mediska Yogyakarta.

Kemudian, Klinik Mediska Solo Balapan, Klinik Mediska Madiun, Klinik Mediska Surabaya Gubeng, Klinik Mediska Jember, Klinik Mediska Padang, Klinik Mediska Palembang, Stasiun Kertapati, Klinik Mediska Tanjungkarang dan Stasiun Baturaja.

Dalam waktu dekat, vaksinasi gratis akan disediakan di Stasiun Gambir, Stasiun Pasarsenen, Stasiun Jatibarang, Klinik Mediska Semarang Poncol, Stasiun Semarang Tawang, Klinik Mediska Medan, Stasiun Tebing Tinggi dan Stasiun Rantau Prapat.

Untuk informasi selengkapnya terkait layanan vaksinasi Covid-19 gratis KAI ini, masyarakat dapat menghubungi Contact Center KAI. Melalui sambungan telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email [email protected] atau media-media sosial KAI121.

"KAI akan terus menambah jumlah stasiun dan klinik yang melayani vaksin Covid-19 gratis secara bertahap di berbagai lokasi lain," kata Supriyanto, Kamis (14/7/2022).

Pelanggan KA jarak jauh yang ingin memanfaatkan layanan vaksinasi gratis harus  berusia 18 tahun ke atas. Menunjukkan kode booking tiket yang sudah dibayar atau tiket KA yang berlaku, KTP dan datang paling lambat H-1 sebelum keberangkatan.

Hadirnya vaksinasi di stasiun merupakan hasil kolaborasi dari KAI dengan seluruh pemangku. Ada Kementerian BUMN, Kementerian Kesehatan, Kementerian Perhubungan, TNI, Polri, pemerintah daerah setempat, serta pihak-pihak lain yang terlibat.

Supriyanto mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu menghadirkan layanan vaksinasi Covid-19 gratis di stasiun dan klinik stasiun tersebut. Ia mengimbau pelanggan memanfaatkan layanan yang disediakan tersebut.

"Sehingga, penyebaran pandemi Covid-19 dapat lebih terkendali, sekaligus menjadikan perjalanan kereta api tetap nyaman dan sehat," ujar Supriyanto. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement