Kamis 07 Jul 2022 17:01 WIB

Hendak Membeli Gula Semut, Pria di Sukabumi Malah Hanyut Terbawa Arus Sungai

Pria tenggelam di Sungai Cibareno Sukabumi saat berenang hendak membeli gula semut

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Christiyaningsih
Pria tenggelam di Sungai Cibareno Sukabumi saat berenang hendak membeli gula semut (ilustrasi).
Foto: Antara
Pria tenggelam di Sungai Cibareno Sukabumi saat berenang hendak membeli gula semut (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Tim SAR gabungan melakukan pencarian terhadap seorang pemuda yang dikabarkan tenggelam pada Rabu (6/7/2022) di Sungai Cibareno, Desa Gunung Karamat, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi. Korban yang diketahui bernama Apit Supiana (27 tahun) saat itu sedang menyeberangi sungai Cibareno dengan berenang. Ia bermaksud membeli gula semut di seberang sungai tersebut.

Keterangan warga menyebutkan ada saksi yang melihat korban terbawa arus dan sempat memberikan pertolongan dengan bambu dan sling besi. Namun bantuan tidak dapat dijangkau oleh korban dan tidak lama kemudian korban tenggelam. Saat ini korban masih dalam pencarian tim SAR gabungan.

Baca Juga

"Berdasarkan informasi tersebut, Kantor SAR Jakarta kemudian mengirimkan tim rescue melalui Pos SAR Sukabumi menuju lokasi kejadian dengan peralatan SAR air lengkap," ujar Kepala Kantor SAR Jakarta, Fazzli, selaku SAR Mission Coordinator (SMC) dalam operasi Kamis (7/7/2022). Upaya pencarian akan dilakukan seoptimal mungkin sehingga korban dapat segera ditemukan.

Fazzli mengatakan pihaknya berkoordinasi dengan unsur SAR gabungan yang ada di lapangan dan membagi area pencarian menjadi tiga. Tim pertama melakukan pencarian dengan menggunakan Rubber Boat dengan jarak sejauh lima kilometer dari lokasi kejadian.

Tim kedua melakukan pencarian visual jalur darat dengan jarak empat kilometer dari lokasi kejadian. Kemudian tim ketiga memasang rescue net di sungai dan melakukan penyelaman di sekitar lokasi kejadian.

Fazzli mengatakan puluhan personel SAR gabungan dikerahkan dalam operasi ini. Mereka terdiri dari Pos SAR Sukabumi, Koramil Cisolok, Polsek Cisolok, Sat Pol PP Kecamatan, Kades Gunung Karamat, P2BK BPBD Sukabumi, ACT MRI Sukabumi, SSV, CBP, FAJI Sukabumi, IEA Sukabumi, Tagana Dinsos Sukabumi, dan masyarakat setempat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement