Selasa 05 Jul 2022 17:33 WIB

Polisi Buru Pencuri Besi Penyangga Menara Sutet PLN

Akibat pencurian besi penyangga itu, menara sutet PLN di Kampar roboh.

Sutet PLN (ilustrasi).
Foto: PLN
Sutet PLN (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, KAMPAR -- Aparat kepolisian hingga saat ini masih memburu pencuri besi penyangga menara saluran udara tegangan ekstratinggi (sutet) PLN di Desa Kubang Jaya, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Pencurian ini membuat menara roboh dan menyebkan mati listrik.

"Tengah kami selidiki. Mohon doa, semoga kami bisa menangkap para pelaku," ucap Kepala Polsek Siak Hulu Kompol Rusyandi Zuhri Siregar, Selasa, yang membenarkan laporan pencurian tersebut.

Baca Juga

Melalui penyelidikan yang dilakukan polisi, ia berharap pencuri segera tertangkap karena selain melanggar hukum, ulah mereka juga sangat meresahkan.

Aparat kepolisian juga telah melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) bersama pihak PT PLN setempat.Pencurian itu diduga terjadi pada Sabtu (2/6) karena hari itu diketahui menara penyangga kabel jaringan bertegangan tinggi itu roboh dan listrik sempat padam beberapa jam di daerah sekitar.

 

Akibatnya,tower yang menyangga jaringan listrik berdaya 70 mega Watt (MW) Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) Balai Pungut Unit 1-7 (trip) tidak bisa menyuplai arus listrik. Hal ini menyebabkan listrik di sejumlah wilayah di Pekanbaru dan Kampar menjadi padam.

Usai besi penyangga towersutet dicuri, pihak PLN bergerak cepat membangun tower darurat untuk menggantikan sementara kedua menara yang lumpuh tersebut.

Manajer PLN Unit Pelaksana Transmisi (UPT) Pekanbaru Aris Sofian Hidayat mengatakan saat ini pihaknya sudah mengatasi permasalahan menara tersebut."Langkah awal yang ditempuh PLN untuk mengatasi permasalahan menara tersebut adalah segera memasang dua tower darurat agar dapat segera mengalirkan energi listrik ke subsistem kelistrikan Provinsi Riau," katanya.

Lokasi menara yang berada di area rawa-rawa juga sedikit menjadi kendala bagi tim pemulihan terutama dalam mobilisasi material dan peralatan.Pada pemasangan menara darurat tersebut, PLN UPT Pekanbaru menurunkan sejumlah tim teknis dibantu juga oleh tim dari berbagai Unit Pelaksana PLN yang tersebar di Sumatera.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement