Kamis 23 Jun 2022 07:45 WIB

Merayakan HUT ke-495 DKI Jakarta dengan 10 Ide Berwisata

Wisatawan bisa menjelajah ke seluruh penjuru kota dengan layanan bus Transjakarta.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Sejumlah warga menonton penampilan ondel-ondel di Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (22/6/2022), dalam rangka memeriahkan HUT ke-495 Jakarta.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Sejumlah warga menonton penampilan ondel-ondel di Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (22/6/2022), dalam rangka memeriahkan HUT ke-495 Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setiap tanggal 22 Juni, DKI Jakarta merayakan hari ulang tahunnya. Tahun ini, ibu kota Indonesia merayakan ulang tahunnya yang ke-495. Meski sudah lama dikenal sebagai pusat pemerintahan, bisnis, dan ekonomi, Jakarta memiliki daya tarik yang seakan tidak pernah habis. Pasalnya, selalu ada yang baru di kota ini, baik dari sisi tempat wisata maupun atraksi yang ditawarkan.

Co-Founder Traveloka Albert menjelaskan, tren wisata di masyarakat belakangan ini memang meningkat. Karena itu, Traveloka ikut berkomitmen mendukung upaya pemerintah mempercepat pemulihan pariwasata nasional. "Semakin tumbuhnya minat masyarakat untuk melakukan perjalanan di tengah semakin terkendalinya situasi dan pelonggaran kebijakan pemerintah," ujarnya dalam siaran di Jakarta, Rabu (22/6/2022).

Baca: Viral Shopee Larang Penjual Jam Dinding Kaligrafi Bertuliskan Tauhid

Data Traveloka menunjukkan, Jakarta menjadi salah satu kota dengan peminat staycation paling banyak dan tren ini secara konsisten mengalami perkembangan yang tercermin dari adanya peningkatan pemesanan hingga 30 persen bahkan setelah libur Lebaran 2022. Lifestyle superapp di Asia Tenggara ini merekam tren staycation konsumen tergolong tinggi pada akhir pekan.

 

Berikut 10 ide berwisata di Jakarta, yang dapat dilakukan dalam sehari:

1. Berolahraga di taman kota

Jakarta punya banyak pilihan taman yang bisa dikunjungi sebagai lokasi berolahraga, khususnya pada pagi hari. Di antaranya Sumenep Promenade dan Taman Suropati di Jakarta Pusat, Taman Ria Rio di Jakarta Timur, Taman Langsat di Jakarta Selatan, Taman Hutan Kota Penjaringan di Jakarta Utara, dan Hutan Kota Srengseng di Jakarta Barat.

2. Menyantap sarapan dengan menu pilihan warga Jakarta

Terdapat banyak menu sarapan di Jakarta yang bisa dipilih untuk disantap sebelum memulai hari, salah satunya bubur. Menurut data Traveloka, bubur menjadi salah satu pilihan menu sarapan penduduk Jakarta dengan waktu pemesanan biasanya pukul 07.00-09.00 WIB.

3. Berfoto dengan latar landmark ibu kota

Jakarta punya aneka landmark ikonik yang bisa dijadikan latar foto. Beberapa landmark ini berlokasi di tengah keramaian lalu lintas, tapi kamu tetap bisa berfoto dari sisi trotoar. Antara lain ada Monumen Nasional (Monas), Patung Selamat Datang, serta Bundaran HI, dan Gelora Bung Karno.

4. Jalan-jalan ke Jakarta Fair 2022

Merayakan ulang tahun Jakarta belum lengkap kalau belum ke Jakarta Fair Kemayoran 2022 atau Pekan Raya Jakarta dari 9 Juni-17 Juli 2022 di JIEXpo Kemayoran, Jakarta Pusat. Pengunjung wajib siapkan fisik yang baik karena akan banyak berjalan kaki di area ini, apalagi kalau kamu hendak wisata kuliner, menonton konser musik, belanja, dan menyaksikan pertunjukan kembang api.

5. Wisata ke museum dan galeri seni

Sisi sejarah Jakarta cukup menarik untuk diketahui. Wisatawan bisa mempelajari lebih jauh dengan mengunjungi beragam museum di Jakarta. Beberapa di antaranya ada di satu kawasan jadi lebih mudah dicapai dengan berjalan kaki, yaitu di kawasan Kota Tua.

6. Staycation

Jakarta menjadi salah satu kota favorit masyarakat untuk staycation. Lokasi akomodasi favorit ada di di Jakarta Selatan dan Jakarta Pusat, diikuti Jakarta Utara dan Jakarta Barat. Jenis akomodasi yang paling diminati adalah hotel dan apartemen.

7. Workcation

Meski tengah merayakan momen ulang tahun Jakarta, harap diingat kalau 22 Juni 2022 adalah hari Rabu. Jangan khawatir, kamu tetap bisa bekerja sambil menginap di hotel atau workcation. Selain tren staycation, tren business trip (perjalanan bisnis) atau workcation saat pertengahan minggu juga digemari masyarakat.

8. Keliling dengan ragam moda transportasi

Jakarta memiliki banyak moda transportasi modern. Wisatawan bisa menjelajah ke seluruh penjuru kota dengan layanan bus Transjakarta. Bagi pecinta moda transportasi berbasis rel, Jakarta memiliki MRT Jakarta, LRT Jakarta, dan KRL Commuter Line yang dapat membawa ke berbagai pilihan destinasi wisata di ibu kota. Wisatawan juga bisa mencoba naik bus wisata.

9. Mengenal ragamnya budaya di Jakarta

Bisa dikatakan, Jakarta adalah melting pot beragam budaya. Selain kawasan pecinan di Glodok, misalnya, kamu bisa mendatangi area little India di Pasar Baru, Jakarta Pusat dan little Tokyo di Blok M, Jakarta Selatan.

10. Jalan-jalan ke tempat wisata outdoor di Jakarta

Selain mal, Jakarta punya banyak tempat wisata outdoor yang wajib dikunjungi. Misalnya, Taman Margasatwa Ragunan, Taman Wisata Alam Mangrove, dan Dunia Fantasi (Dufan) di Taman Impian Jaya Ancol. Kalau ingin wisata ke Dufan, disarankan pesan tiket daring terlebih dulu.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement