Sabtu 18 Jun 2022 20:41 WIB

Rampai Nusantara Wilayah Jawa Tengah Dideklarasikan

Deklarasi tersebut merupakan rangakaian konsolidasi Rampai Nusanantara.

Rampai Nusantara (RN) Wilayah Provinsi Jawa Tengah Dideklarasikan.
Foto: istimewa
Rampai Nusantara (RN) Wilayah Provinsi Jawa Tengah Dideklarasikan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rampai Nusantara (RN) Wilayah Provinsi Jawa Tengah Dideklarasikan. Deklarasi tersebut merupakan rangakaian konsolidasi yang terus dilakukan Rampai Nusantara di seluruh wilayah Indonesia. 

Ketua Dewan Eksekutif Nasional Rampai Nusantara Mardiansyah menyampaikan organisasi yang di pimpinnya tersebut merupakan wadah anak-anak bangsa yang memiliki kepedulian tinggi pada persoalan masyarakat dengan melakukan langkah-langkah nyata membantu masyarakat secara langsung. 

Baca Juga

"Rampai Nusantara harus peduli terhadap kesulitan masyarakat dimanapun berada termasuk di Jawa Tengah ini." Ujar Mardiansyah saat ditemui usai Pelantikan Pengurus Dewan Eksekutif Wilayah Jawa Tengah Rampai Nusantara di Solo (18/6/2022) .

Sementara itu, pembina Rampai Nusantara Jawa Tengah Anang Waskito mengatakan kehadiran rampai di Jateng menjadi tonggak awal untuk melakukan kerja-kerja nyata membantu masyarakat. 

"Jawa Tengah ini pusere tanah jawa, sudah sepatutnya menjadi sentrum gerakan kemajuan, gerakan kepedulian pada sesama, kehadiran Rampai Nusantara diharapkan bisa memulai itu semua." jelas Anang Waskito, dalam keterangan persnya, Sabtu (18/06/2022). 

Anang kemudian menjelaskan alasan memilih Kota Solo sebagai lokasi deklarasi dan pelantikan RN Jawa Tengah. Menurutnya hal teraebut sebagai bentuk apresiasi kepada Wali Kota Solo Gibran Rakabuming yang telah melakukan langkah nyata melalui kepedulianya pada peningkatan kapasitas usaha kecil menengah (UMKM) di Kota Solo. 

Menurut Anang, gencarnya langkah Gibran dalam mengangkat dan mendorong UMKM naik kelas menjadi perusahan mapan yang bisa tembus ke pasar global sangat berdampak positif pada perputaran roda ekonomi masyarakat di bawah. 

"Kota Solo baru-baru ini melalui pak walikotanya terus membawa produk-produk lokalnya, hasil karya kelompok usaha kecil di Solo ke dunia internasional. Langkah itu akan sangat berdampak pada pendapatan masyarakat di bawah. Kami apresiasi dan berharap menginspirasi daerah lain di Jateng," tambah Anang. 

Anang menilai UMKM sudah teruji pada saat negara mengalami krisis dan instabilitas ekonomi seperti saat pandemi baru-baru ini, UMKM dinilai mampu menjaga roda perekonomian masyarakat bawah tetap bergerak dalam kondisi sulit tersebut sehingga sudah sepantasnya mendapatkan perhatian lebih agar UMKM bisa lebih meningkat lagi. 

Terakhir, Anang berharap pasca deklarasi dan pelantikan dewan eksekutif wilayah RN Jateng segera diikuti langkah kerja nyata membantu masyarakat sehingga keberadaanya dapat segera membawa manfaat. 

Untuk diketahui, Rampai Nusantara terus membangun kekuatan di daerah tercatat sudah empat provinsi yang telah melakukan deklarasi yaitu Jakarta, Jawa Barat, Lampung dan Jawa Tengah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement