Jumat 17 Jun 2022 09:17 WIB

Pengelola Sudah Buka Monas Setelah Dua Tahun Tutup

Revitalisasi sisi barat masih berlangsung menyambut Stasiun MRT Monas pada 2024.

Rep: Zainur Mahsir Ramadhan/ Red: Erik Purnama Putra
Warga naik delman di kawasan luar kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Selasa (3/5/2022).
Foto: ANTARA/Galih Pradipta
Warga naik delman di kawasan luar kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Selasa (3/5/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Unit Pengelola Kawasan (UPK) Monas, Muhammad Isa Sarnuri, mengatakan, uji coba pembukaan kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, bagi publik sudah mulai bisa dikunjungi mulai Kamis (16/6/2022). Pembukan seluruh kawasan Monas tidak dilakukan sekaligus, melainkan secara bertahap.

Isa menerangkan, pembukaan Monas masih terbatas pada waktu dan beberapa titik. "Cuma kita masih trial and error. Pembukaan dibuka untuk umum nanti secara bertahap. Sementara ini yang dibuka baru kawasan. Itu juga masih dibatasi,” kata Isa kepada awak media di Jakarta, Kamis.

Dia menjelaskan, kawasan yang dibuka masih di luar Tugu Monas atau sekitar silang Monas dan taman di sekeliling Tugu, dengan akses masuk Pintu Lenggang atau sisi Barat Daya. Adapun kawasan tugu masih belum dapat dikunjungi warga. Soal waktu yang masih terbatas, kata dia, dilaksanakan sejak pukul 06.00 WIB hingga 16.00 WIB.

Isa menjelaskan, petugas sudah menyiapkan ketentuan protokol kesehatan di setiap lokasi masuk. Menurut dia, petugas juga bersiaga di pintu masuk untuk mengukur suhu tubuh pengunjung dan memeriksa menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

Ditanya soal revitalisasi lainnya di bagian Monas, Isa mengaku masih belum ada informasi lanjutan. Pihaknya saat ini juga sedang menunggu kebijakan lebih lanjut. Sedangkan revitalisasi di kawasan barat dan timur Monas menyambut hadirnya MRT Jakarta, kata dia, pekerjaan masih berlangsung. Nantinya, terdapat Stasiun MRT Monas yang diperkirakan beroperasi pada 2024.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement