Rabu 08 Jun 2022 16:47 WIB

Festival Budaya Lembah Baliem akan Kembali Digelar

Seperti biasa, Festival Budaya Lembah Baliem akan digelar pada Agustus.

Sejumlah anggota suku di lembah Baliem memperagakan pertunjukkan Perang Antar Suku dalam festival budaya Lembah Baliem dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-70 yang diselenggarakan di Kampung Wosiala, Desa Wosilimo, Distrik Kurulu, Jayawijaya, Papua, Kamis (6/8/2015). Tahun ini, Festival Budaya Lembah Baliem akan kembali digelar.
Foto:

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Jayawijaya mengajukan usul pengalokasian dana Rp 3 miliar hingga Rp 5 miliar untuk penyelenggaraan Festival Budaya Lembah Baliem. Dengan keterbatasan dana, festival dipastikan tidak akan sama seperti tahun-tahun sebelumnya.

"Karena tahun ini direncanakan perang-perangan saja, berbeda dengan yang tahun-tahun sebelumnya yang banyak kegiatan," kata Engelbert.

photo
Sejumlah warga suku pedalaman Papua menampilkan tarian tradisional pada acara Festival Budaya Lembah Baliem di Distrik Wosilimo, Kabupaten Jayawijaya, Papua - (Antara/Widodo S. Jusuf)

Menurut Engelbert, pengelola objek wisata di Jayawijaya juga berencana menyelenggarakan festival mini di Wosi. Rencananya, festival akan dihelat pada Agustus.

"Tetapi itu dari pengelola objek wisata yang lakukan, kami sifatnya mendorong saja. Menyangkut biaya dan segala macam itu dari mereka sendiri," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement