Selasa 07 Jun 2022 05:28 WIB

Penembakan Dua Petani di Aceh Besar Bermotif Dendam

Korban dianggap sering mengganggu usah tersangka AB alias TW.

Pembunuhan (Ilustrasi)
Foto: pixabay
Pembunuhan (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDA ACEH -- Kepolisian Daerah (Polda) Aceh mengungkapkan motif utama penembakan dua petani di Kabupaten Aceh Besar hingga meninggal dunia saat dalam penanganan medis beberapa waktu lalu.Kepala Bidang Humas Polda Aceh Kombes Pol Winardy di Banda Aceh, Senin, mengatakan motif penembakan dipicu dendam karena korban sering mengganggu usaha tersangka AB alias TW.

"Tersangka AB alias TW diduga aktor intelektual penembakan. AB alias TW diduga memerintahkan penembakan karena usahanya kerap diganggu korban," kata Kombes Pol Winardy.

Baca Juga

Sebelumnya, dua warga Aceh Besar, Ridwan (38) dan Maimun (38) menjadi korban penembakan saat mereka pulang dari kebun di Desa Aneuk Glee, Kecamatan Indrapuri, Kabupaten Aceh Besar, Kamis (12/5) malam.

Ia menyebutkan usaha kilang kayu tersangka sering diganggu korban. Saat ini, AB ditahan di Rutan Mapolda Aceh setelah ditetapkan sebagai tersangka karena menjadi aktor intelektual, mendanai, dan merencanakan penembakan tersebut.

Dia mengatakan target penembakan tersebut adalah Ridwan. Namun saat penembakan, ada Maimun bersama Ridwan sehingga yang bersangkutan ikut ditembak agar penembakan tak bocor.

Terkait hal lainnya, katanya, penyidik masih mendalaminya karena masih ada pihak lain yang diburu, yakni eksekutor penembakan. Sedangkan identitas eksekutor sudah diketahui."Kami masih menunggu informasi lebih lanjut dari pemeriksaan penyidik. Perkembangan kasus penembakan ini akan kami sampaikan secara berkelanjutan," kata dia.

Dalam kasus tersebut, Polda Aceh sudah menangkap enam terduga pelaku, yakni AW alias TW diduga perencana, pemberi perintah, dan mendanai penembakan. Berikutnya, TM berperan sebagai perencana dan penyuplai logistik. DW berperan sebagai pemberi informasi dan penyuplai logistik, serta MZ, ZD, dan MY berperan sebagai pendamping eksekutor dan pemantau di lapangan. Semua terduga pelaku merupakan warga Kabupaten Aceh Besar.

Dari olah tempat kejadian perkara, penyidik mengamankan sejumlah barang bukti di antaranya selongsong peluru dengan kaliber 5,56 milimeter sebo atau penutup wajah, sepeda motor, dan lainnya."Jenis senjata yang digunakan masih dalam pendalaman. Selongsong peluru dikirim ke Laboratorium Forensik untuk memastikan senjata yang digunakan. Dari ukurannya, kaliber 5,56 milimeter merupakan senjata api laras panjang," ujarnya.

Dia mengatakan para pelaku dijerat dengan Pasal 338 jo Pasal 340 KUHP tentang Pembunuhan dan Pembunuhan Berencana. Ancaman hukumannya maksimal penjara seumur dan hukuman mati."Kami mengimbau masyarakat tidak perlu berspekulasi terkait penembakan tersebut. Dari hasil penyelidikan, penembakan tidak terkait dengan kelompok tertentu, murni kriminal biasa, dendam pelaku dan korban," paparnya.

Berita Terkait Kai

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement