Rabu 01 Jun 2022 19:02 WIB

BBWS Lampung: Tanggul Pengaman Pantai Ditargetkan Selesai 2023

BBWS Lampung mengatakan pembangunan tanggul pengaman pantai selesai pada 2023.

Ombak menggerus bibir pantai akibat jebolnya tanggul penahan abrasi darurat (ilustrasi). BBWS Lampung mengatakan pembangunan tanggul pengaman pantai selesai pada 2023.
Foto: ANTARA/Idhad Zakaria/rwa.
Ombak menggerus bibir pantai akibat jebolnya tanggul penahan abrasi darurat (ilustrasi). BBWS Lampung mengatakan pembangunan tanggul pengaman pantai selesai pada 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG -- Balai Besar Wilayah Sungai Mesuji Sekampung (BBWS) menyatakan bahwa pengerjaan tanggul pengaman di pesisir Pantai KaliandaProvinsi Lampung ditargetkan selesai pada 2023.

"Setelah adanya tsunami tahun 2018 yang menimbulkan korban jiwa dan kerusakan, Kementerian PUPR membuat sebuah konstruksi pengaman pantai di daerah pesisir," ujar Kepala BBWS Lampung Alexander Leda, Rabu (1/6/2022).

Baca Juga

Ia mengatakan pengerjaan konstruksi tanggul pengaman pantai tersebut dilakukan secara bertahap sejak 2019 dengan target selesai pada 2023. "Tanggul pengaman pantai ini terbentang di sepanjang Dermaga Bom hingga Pantai Kunjir yang panjangnya 18 kilometer. Namun yang masuk dalam rekonstruksi pascatsunami ada 11 kilometer," katanya.

Dia menjelaskan pelaksanaan pembangunan itu secara bertahap, yakni pada 2019 dilakukan perencanaan, pada 2021 hingga 2022 pelaksanaan konstruksi, dan 2023 ditargetkan selesai.

"Karena ini konstruksinya cukup mahal dan alokasi anggarannya terbatas karena Covid-19. Jadi dilakukan bertahap pada 2021 dengan pagu anggaran Rp 170 miliar bisa diselesaikan 3,5 kilometer," ucapnya.

Pada 2022 dengan pagu anggaran Rp 230 miliar dilaksanakan pembangunan konstruksi baru sepanjang empat kilometer dan setengah kilometer peningkatan bangunan yang ada.

"Lalu direncanakan tahun depan kurang lebih lima kilometer konstruksi baru ataupun 'existing' terbangun dengan anggaran tersedia Rp 162 miliar. Sebab ada bangunan lama yang masih terlalu rendah," tambahnya.

Menurut dia, dengan tinggi tanggul empat meter dari konstruksi tanah dasar, selain berguna sebagai pengaman bagi masyarakat di pesisir pantai, juga berguna sebagai tempat rekreasi.

"Tanggul ini memiliki fungsi lainnya yaitu untuk rekreasi, di mana pada setiap paket akan ada ruang khusus untuk swafoto, dan konstruksi jalan setapak bisa digunakan sebagai 'jogging track' (lintasan joging)," kata dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement