Rabu 01 Jun 2022 09:26 WIB

Jokowi Ajak Pemimpin Bangsa Jadi Teladan Implementasikan Nilai Pancasila

Jokowi menjadi inspektur upacara Hari Lahir Pancasila di Ende.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Muhammad Hafil
 Jokowi Ajak Pemimpin Bangsa Jadi Teladan Implementasikan Nilai Pancasila. Foto:  Presiden Jokowi saat menjadi inspektur upacara peringatan hari lahir Pancasila di Ende, Rabu (1/6/2022).
Foto: Dok Republika
Jokowi Ajak Pemimpin Bangsa Jadi Teladan Implementasikan Nilai Pancasila. Foto: Presiden Jokowi saat menjadi inspektur upacara peringatan hari lahir Pancasila di Ende, Rabu (1/6/2022).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak seluruh pemimpin bangsa, terutama para pejabat pemerintahan, tokoh agama dan juga masyarakat, para pemimpin partai politik, serta tokoh ormas agar menjadi teladan dan contoh dalam mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila.

“Mengajak seluruh masyarakat untuk bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia maju, mewujudkan cita-cita proklamasi kemerdekaan,” kata Jokowi dalam amanatnya saat memperingati Hari Lahir Pancasila di Kabupaten Ende, NTT, Rabu (1/6/2022).

Baca Juga

Ia mengatakan, Pancasila tak hanya telah mempersatukan bangsa Indonesia, namun juga telah menjadi bintang penuntun ketika bangsa Indonesia menghadapi tantangan dan ujian.

“Dan ini sudah dibuktikan berkali-kali dalam perjalanan sejarah bangsa bahwa bangsa dan negara kita bisa tetap berdiri kokoh menjadi negara yang kuat karena kita semua sepakat untuk berlandaskan pada Pancasila,” kata Jokowi.

Karena itu, ia juga mengajak seluruh anak bangsa di manapun berada untuk bersama-sama membumikan Pancasila dan mengaktualisasikan nilai-nilai luhur Pancasila. Lebih lanjut, Jokowi menyampaikan, Indonesia saat ini tengah menghadapi situasi dunia yang bergejolak, pandemi Covid-19 yang belum berakhir, dan juga terjadinya krisis energi dan pangan serta ancaman kemiskinan ekstrim dan kelaparan.

Selain itu, dunia juga masih harus menghadapi dampak dari perang yang terjadi di Ukraina. Sebagai pemegang mandat Presidensi G20, Jokowi pun mengajak seluruh negara maju di dunia untuk turut bergotong royong menciptakan umat manusia yang lebih baik dan membangun sistem kesehatan global yang mampu menghadapi krisis di masa depan.

“Dengan tata kelola dunia yang lebih sehat, lebih damai, dan lebih berprikemanusiaan dan lebih berprikeadilan,” tambah dia.

Selain memimpin upacara peringatan hari lahir Pancasila, Jokowi juga melaksanakan sejumlah agenda di Ende. Di antaranya, mengunjungi Taman Perenungan Bung Karno dan rumah pengasingan Bung Karno. Selain itu, Jokowi juga mengunjungi pasar dan bertemu dengan warga di sana.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement