Selasa 31 May 2022 15:47 WIB

Peringatan Hari Lahir Pancasila di Ende Pertama Kali Digelar di Daerah

Presiden Jokowi akan menjadi inspektur upacara Hari Lahir Pancasila di Ende.

Plt Sekretaris Utama BPIP Karjono, Sekretaris Dewan Pengarah BPIP Wisnu Bawa Tanaya, Bupati Ende Djafar Achmad, dan Deputi  Bidang Hubungan Antar Lembaga, Sosialisasi, Komunikasi, dan Jaringan BPIP Prakoso saat konferensi pers Peringatan Hari Lahir Pancasila di Ende, Selasa (31/5/2022).
Foto: Dok Republika
Plt Sekretaris Utama BPIP Karjono, Sekretaris Dewan Pengarah BPIP Wisnu Bawa Tanaya, Bupati Ende Djafar Achmad, dan Deputi Bidang Hubungan Antar Lembaga, Sosialisasi, Komunikasi, dan Jaringan BPIP Prakoso saat konferensi pers Peringatan Hari Lahir Pancasila di Ende, Selasa (31/5/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, ENDE -- Puncak Peringatan Hari Lahir Pancasila ke-77 pada 1 Juni 2022 dipusatkan di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur. Peringatan tahun ini merupakan yang pertama kali digelar di luar ibu kota Jakarta.

"Peringatan Hari Lahir Pancasila 2022 di Ende, NTT. Menjadi lokasi pertama di luar ibu kota negara," kata Sekretaris Dewan Pembina Pancasila Mayjen (Purn) Wisnu Bawa Tenaya saat konferensi pers Peringatan Hari Lahir Pancasila di Rumah Jabatan Bupati Ende, Selasa (31/5/2022).

Baca Juga

Wisnu mengatakan, Ende dipilih karena memiliki sejarah dalam penggalian nilai-nilai Pancasila. Khususnya, oleh Bung Karno saat menjalani masa pembuangan selama 1934-1938 di Ende.

Wisnu mengatakan, Peringatan Hari Lahir Pancasila juga akan menjadi saksi sejarah upacara kenegaraan yang dipimpin Presiden Jokowi sebagai inspektur upacara. Selain upacara kenegaraan, Peringatan Hari Lahir Pancasila 2022 ini juga disemarakkan dengan banyak kegiatan lainnya.

 "Harapannya melalui rangkaian kegiatan ini bisa membentuk semangat baru yang menginternalisasikan nilai-nilai Pancasila ke pelosok negeri sehingga menginspirasi masyarakat terutama kaum muda untuk bergotong royong dan mengedepankan persatuan untuk membumikan Pancasila," kata Wisnu.

Plt Sekretaris Utama BPIP Karjono mengatakan, tema Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini adalah Bangkit Bersama Membangun Peradaban Dunia. Menurut Karjono, kalimat ini lah yang disebut Bung Karno sebagai taman sari dunia. Di mana, hidup dalam keanekaragaman tetapi menjadi kekuataan karena adanya musyawarah mufakat.

"Keberagaman di Ende dan NKRI menjadi kekuatan. Inilah sejatinya kebhinekaan," kata Karjono.

Deputi Bidang Hubungan Antar Lembaga, Sosialisasi, Komunikasi, dan Jaringan BPIP Prakoso mengatakan, Peringatan Hari Lahir Pancasila 2022 ini dilakukan dengan dua cara. Yakni, daring (dalam jaringan) dan luring (luar jaringan).

Yang luring para pesertanya terbatas yang hadir di Ende. Sementara, yang daring diikuti oleh seluruh kepala daerah di Indonesia dan dilakukan bersamaan.

Sementara yang daring, yang mengikuti adalah para duta besar negara sahabat. Dan, para duta besar Indonesia di luar negeri.

Upacaranya sendiri bisa disaksikan masyarakat secara live. Karena, disiarkan oleh sejumlah televisi nasional dan melalui kanal youtube BPIP RI.

Sedangkan Bupati Ende Djafar Achmad mengatakan, persiapan Peringatan Hari Lahir Pancasila sudah siap 99 persen. "1 persennya dari yang maha kuasa. Tapi kami tadi sudah cek semua termasuk sudah gladi bersih," kata Djafar.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement