Selasa 31 May 2022 07:44 WIB

Permintaan Pembuatan Paspor di Kantor Imigrasi Tanjung Priok Meroket

Pelayanan pembuatan paspor di kantor Imigrasi Kelas I Tanjung Priok dianggap cepat.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Suasana pelayanan kantor Imigrasi Kelas I Khusus Non TPI Jakarta Barat.
Foto: Republika/Ali Yusuf
Suasana pelayanan kantor Imigrasi Kelas I Khusus Non TPI Jakarta Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelonggaran aturan perjalanan di luar negeri, seperti di Malaysia dan Singapura, menjadi salah satu faktor yang membuat permintaan pembuatan paspor di kantor Imigrasi Kelas I Tanjung Priok meroket. "Peningkatan hampir dua kali lipat dari sebelum pelonggaran, karena Covid-19 sudah melandai," kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Tanjung Priok Abdi Widodo Subagio di kantornya, Senin (30/5/2022).

Kantor Imigrasi Kelas I Tanjung Priok, Jakarta Utara mencatat dari Maret hingga 18 Mei 2022 sudah menerbitkan sekitar 4.437 paspor. Meski permintaan meningkat, sambung dia, kondisi di lapangan tidak mengalami kendala termasuk soal blanko paspor yang jumlahnya masih mencukupi, yakni masih tersisa sekitar 7.792 hingga 18 Mei 2022.

Pelayanan pembuatan paspor di kantor Imigrasi Kelas I Tanjung Priok mendapatkan apresiasi dari solois Sendy Ariani yang mengurus paspor sendiri. "Prosesnya cepat banget, pas aku sampai langsung ditangani sama satpam, sehabis itu ke staf imigrasinya buat ambil pendaftaran, sehabis itu langsung foto, tanda tangan, tanda tangan, sudah selesai. Cepat banget sih," kata eks personel JKT48 itu.

Sendy mengaku, perlu memperpanjang paspor karena sebentar lagi mau habis masa berlakunya. Dia juga kebetulan mendapat tawaran menyanyi ke luar negeri. "Masih dua bulan lagi sih habisnya, cuma persiapan saja karena kemarin itu sempat ada kayak tawaran menyanyi ke luar negeri juga. Jadi biar enggak keburu-buru, begitu. Jadi aku datang ke Imigrasi Tanjung Priok," ucap Sendy.

Dia menuturkan, alasan mengurus paspor di kantor Imigrasi Kelas I Tanjung Priok karena sangat cepat layanannya. Selain itu, kata dia, pelayanannya ramah, cepat, dan menerapkan protokol kesehatan. "Kalau di sini, sat set sat set begitu lho," kata Sendy.

Selain itu, dilihat dari gedungnya saja, memang agak besar. Kemudian, alat pengatur kondisi udaranya juga dingin sehingga membuat orang yang menunggu pelayanan paspor menjadi nyaman di sana. "Buat teman-teman aku nih, yang lagi niat ke luar negeri, jangan lupa kalau yang dekat sini rumahnya, meskipun di Jakarta Timur mungkin, Jakarta mana-mana, datang saja ke Tanjung Priok," ucap Sendy.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement