Kamis 12 May 2022 13:50 WIB

7 Anak Meninggal Diduga Akibat Hepatitis Akut, 1 Kasus di Medan Masih Diverifikasi

Secara nasional, total kasus kematian anak diduga akibat hepatitis akut ada tujuh.

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Reiny Dwinanda
Sekretaris Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat Kemenkes Siti Nadia Tarmizi mengungkapkan secara nasional sudah ada tujuh kasus kematian anak diduga terkait hepatitis akut misterius.
Foto:

Penularan hepatitis akut melalui saluran pernapasan dapat dicegah dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19, seperti memakai masker, menjaga jarak, dan mengurangi mobilitas. Selain itu, orang tua perlu memahami gejala awal hepatitis akut.

Prof Hanifah menyebutkan, secara umum gejala awal penyakit hepatitis akut adalah mual, muntah, sakit perut, diare, dan kadang disertai demam ringan. Selanjutnya, gejala akan semakin berat, seperti air kencing berwarna pekat seperti teh dan tinja berwarna putih pucat.

Jika anak mengalami gejala-gejala tersebut, orang tua diminta segera memeriksakan buah hatinya ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat untuk mendapatkan diagnosis awal. Prof Hanifah mengingatkan agar tidak menunggu hingga muncul gejala kuning atau sampai terjadi penurunan kesadaran karena kondisi tersebut menunjukkan bahwa infeksi hepatitis sudah sangat berat.

"Jangan menunggu sampai gejalanya lebih berat, karena kalau berat kita kehilangan momentum untuk bisa menolong lebih cepat. Apalagi kalau sampai sudah terjadi penurunan kesadaran, maka kesempatan untuk menyelematkannya sangat kecil," kata Prof Hanifah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement