Jumat 06 May 2022 19:50 WIB

Penumpang Menumpuk di Terminal Purwokerto Akibat Bus Terlambat Datang

Keterlambatan bus datang disebut akibat kemacetan yang terjadi saat arus balik.

Sejumlah pemudik menunggu kedatangan bus di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta, Sabtu (30/4/2022). (Ilustrasi)
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Sejumlah pemudik menunggu kedatangan bus di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta, Sabtu (30/4/2022). (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO--Suasana arus balik pada H+3 Lebaran 2022 di Terminal Bus Tipe A Bulupitu Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, diwarnai penumpukan calon penumpang. Kondisi ini terjadi karena bus yang akan mereka tumpangi terlambat datang.

Dari pantauan di Terminal Bus Bulupitu Purwokerto, Jumat (6/5/2022) sore, ratusan calon penumpang tampak menunggu kedatangan bus di sejumlah ruang tunggu maupun lobi terminal. Salah seorang calon penumpang tujuan Jakarta, Edi mengaku telah berada di terminal sejak pukul 15.00 WIB karena bus dijadwalkan berangkat pada pukul 16.00 WIB.

Baca Juga

"Namun sampai pukul 18.00 WIB, busnya tidak kunjung datang. Mungkin terkena kemacetan, sehingga terlambat," katanya, Jumat (6/5/2022).

Kendati demikian, dia memahami keterlambatan bus tersebut karena banyak pemudik yang menggunakan sepeda motor maupun mobil pribadi memanfaatkan arus balik ke Jakarta pada H+3 Lebaran ini. Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Bus Tipe A Bulupitu Purwokerto Antonius Bayu Setiawan mengakui sejak dua hari terakhir terjadi peningkatan jumlah penumpang yang memanfaatkan arus balik dari Terminal Bus Bulupitu.

"Kalau dari sisi ketersediaan armada sebenarnya mencukupi, cuma karena keterlambatan perjalanan, banyak bus yang terlambat masuk terminal sehingga terjadi semacam penumpukan penumpang. Jadi kendalanya kemacetan, tapi kendaraan pasti datang, cuma terlambat," katanya.

Ia memperkirakan puncak arus balik di Terminal Bus Bulupitu Purwokerto akan berlangsung pada hari Sabtu (7/5/2022) hingga Ahad (8/5/2022).

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement