Ahad 01 May 2022 10:38 WIB

Arus Mudik Lebaran Jalur Pantura dan Tol Batang-Semarang Lancar

Kendaraan melaju dengan kecepatan sekitar 80-100 kilometer/ jam.

Ilustrasi. Arus mudik Lebaran 2022 di jalur pantai utara dan Tol Batang-Semarang hingga Ahad (1/5/2022) pagi atau H-1, terpantau ramai dan lancar.
Foto: Hafidz Mubarak A/ANTARA
Ilustrasi. Arus mudik Lebaran 2022 di jalur pantai utara dan Tol Batang-Semarang hingga Ahad (1/5/2022) pagi atau H-1, terpantau ramai dan lancar.

REPUBLIKA.CO.ID, BATANG -- Arus mudik Lebaran 2022 di jalur pantai utara dan Tol Batang-Semarang hingga Ahad (1/5/2022) pagi atau H-1, terpantau ramai dan lancar. Iring-iringan mobil berpelat B, D, T, dan E yang melintas di jalur Tol Batang-Semarang dari arah Jakarta (barat) menuju Semarang (timur) dengan kecepatan sekitar 80 kilometer per jam hingga 100 kilometer/ jam.

Demikian pula, arus mudik kendaraan yang menggunakan jalur Pantura mulai dari Pos Pelayanan Terpadu Alun-Alun Batang hingga perbatasan wilayah Kabupaten Batang-Kendal juga terpantau lancar. Kepala Kepolisian Resor Batang AKBP Mochamad Irwan Susanto dalam kegiatan pantauan arus mudik bersama Bupati Batang Wihaji di Batang mengatakan bahwa arus mudik Lebaran memang sudah terjadi peningkatan sejak Rabu (27/4/2022) hingga Sabtu (30/4/2022).

Baca Juga

"Namun, kami menyakini bahwa arus mudik lalu lintas dapat dikelola dengan manajemen bersama komunitas dan stakeholder berjalan dengan baik. Alhamdulillah hingga per malam hari ini arus mudik terpantau lancar dan tidak terjadi kejadian yang menonjol di lintas tol maupun arteri, dan jalur Pantura ," katanya.

Demikian juga, arus mudik Lebaran yang melintas di jalur Pantura, kepadatan kendaraan terpantau lancar dan ramai. Kapolres Irwan Susanto mengatakan dengan diberlakukan satu arah (one way) di jalur Tol Batang-Semarang dinilai sangat efektif karena sebelum ada jalur tol kepadatan arus lalu lintas di jalur Pantura berpotensi menimbulkan kemacetan.

"Karena itu, menurut kami kebijakan satu arah di tol menjadi strategi yang cukup baik untuk memecah atau manajemen arus lalu lintas agar tidak terjadi kemacetan," katanya.

Demikian pula dengan adanya pemberlakuan satu arah di jalur tol dari arah Jakarta menuju Semarang, kata dia, akan mengurangi tren angka tingkat kecelakaan. "Hingga per Sabtu malam ini, kami lihat juga tidak terjadi kecelakaan yang menonjol di wilayah Kabupaten Batang. Dengan arus mudik yang masih lancar, kami juga melakukan pengalihan arus lalu lintas melalui jalur alternatif," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement