Senin 02 May 2022 18:57 WIB

Berwisata ke Taman Anggrek Terbesar Indonesia Saat Libur Lebaran

Untuk menikmati ribuan spesies anggrek cukup dengan membayar Rp 35 ribu.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Agus raharjo
Petugas Penyuluh Lapangan Dinas Pertanian dan Perkebunan Yayuk Anisa mengecek kondisi kesehatan tanaman anggrek di Desa Banjar Anyar, Kediri, Jawa Timur, Rabu (1/9/2021). (Ilustrasi)
Foto: ANTARA/Prasetia Fauzani
Petugas Penyuluh Lapangan Dinas Pertanian dan Perkebunan Yayuk Anisa mengecek kondisi kesehatan tanaman anggrek di Desa Banjar Anyar, Kediri, Jawa Timur, Rabu (1/9/2021). (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG--Lebaran menjadi perayaan besar buat umat Islam, banyak tradisi dan kegiatan yang rutin direncanakan saat Lebaran, seperti mudik dan liburan. Mudik mungkin sudah mulai dilakukan banyak orang sejak hari ini, Jumat (29/4/2022), karena mengejar Lebaran di kampung halaman.

Biasanya, setelah hari pertama Lebaran, banyak orang merencanakan liburan dengan keluarga. Yang tidak mudik dan tinggal di ibukota Jakarta, pasti memilih berlibur ke Kebun Binatang Ragunan, Pantai Ancol, atau sekedar berjalan-jalan ke mall.

Baca Juga

Tapi bagi yang mudik, semisal yang mudik ke Bandung, bisa mengunjungi tempat wisata menarik seperti taman anggrek terbesar di Indonesia yang berada di Orchid Forest Cikole. Taman anggrek itu memiliki 150 jenis bunga anggrek, yang indah untuk diabadikan.

Anggrek ini sendiri termasuk tanaman langka, dan bahkan dibuatkan undang-undangnya sendiri oleh pemerintah Indonesia. Lahan anggrek seluas 14 hektar itu memiliki satu anggrek yang mendominasi, yakni Anggrek Kusut Hijau yang menjadi anggrek khas Pulau Jawa.

Lalu anggrek-anggrek yang langka ditempatkan dalam sebuah kaca, agar tidak tersentuh pengunjung. Dan yang paling membuat penasaran pengunjung adalah Anggrek Hitam yang bentuknya justru indah meski memiliki warna hitam, dan ini termasuk anggrek yang langka.

Tidak hanya menikmati anggrek, pengunjung juga bisa menikmati suasana asri dan bebas polusi di hutan pinus seluas 12 hektar. Kemudian ada juga berbagai wahana menarik yang bisa menambah stok koleksi foto liburan.

Mulai dari wahana populer Wood Bridge, menikmati cantiknya wahana Garden of Lights, berkuda di wahana Horse Ranch, hingga berpiknik di Area Pinecone dengan menyewa peralatan piknik yang tersedia di Pine Kitchen.

Ada juga Petventure, sebuah konsep wisata pet-friendly untuk para pengunjung yang ingin bermain bersama hewan peliharaan. “Kami mengangkat konsep Petventure, untuk mengajak para pengunjung merasakan keindahan alam bersama hewan peliharaan,” ujar CEO Orchid Forest Cikole, Barry Akbar.

Untuk menikmati ribuan spesies anggrek dengan kesejukan hutan pinusnya, cukup dengan membayar Rp 35 ribu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement