Sabtu 30 Apr 2022 00:10 WIB

Pemkot Madiun Gelar Festival Pecel Pincuk Saat Libur Lebaran 2022

Festival Pecel Pincuk digelar sebagai upaya mengenalkan ikon kuliner Madiun

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
Festival Pecel Pincuk digelar sebagai upaya mengenalkan ikon kuliner Madiun. Ilustrasi.
Foto: ANTARA/Siswowidodo
Festival Pecel Pincuk digelar sebagai upaya mengenalkan ikon kuliner Madiun. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, MADIUN - Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun, Jawa Timur menggelar kegiatan Festival Pecel Pincuk selama momentum libur Lebaran tahun 2022. Festival itu digelar sebagai upaya mengenalkan ikon kuliner khas kota setempat ke para pemudik yang berkunjung.

Kepala Disbudparpora Kota Madiun Agus Purwowidagdo mengatakan Festival Pecel Pincuk akan digelar pada 3-8 Mei 2022. Kegiatan itu berlangsung setiap hari mulai pukul 15.00 WIB hingga 21.00 WIB di bekas lapangan tenis depan kantor Bakorwil I Madiun Jalan Pahlawan Kota Madiun.

Baca Juga

"Menyambut tamu-tamu yang datang di Kota Madiun, kami akan memberikan suguhan Festival Pecel Pincuk," ujar Agus Purwowidagdo di Madiun, Jumat (29/4/2022).

Menurut dia, selain sebagai upaya mengenalkan ikon kuliner khas Kota Madiun, kegiatan tersebut juga bertujuan untuk memberdayakan UMKM pecel binaan Pemkot Madiun. Nantinya, akan ada sekitar 15 stan pelaku usaha pecel pincuk dan oleh-oleh khas dari Kota Madiun yang akan dilibatkan.

Agus menjelaskan pelaksanaan festival akan berkonsep food court atau pujasera. Pemkot Madiun juga akan membagikan tiket belanja gratis senilai Rp 5.000 untuk 100 pengunjung pertama setiap harinya.

"Di momentum Idulfitri tahun ini, kami harapkan Festival Pecel Pincuk jadi embrio pusat pecel Kota Madiun," kata dia.

Selain membagikan tiket belanja gratis senilai Rp 5.000, untuk merangsang pengunjung datang Pemkot Madiun juga memberikan hiburan penampilan seni dan musik. Mulai dari campur sari, angklung, keroncong, hingga live music lagu-lagu legendaris Koes Plus. Berbagai hiburan itu akan bergiliran dipentaskan tiap hari selama festival berlangsung.

"Kami konsep food court dengan taman untuk mengimplementasikan Madiun Kota Sejuta Bunga. Silakan datang di Festival Pecel Pincuk. Selamat berbelanja menikmati kuliner pecel diselingi hiburan musik," kata Agus.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement