Jumat 29 Apr 2022 13:06 WIB

H-3 Lebaran, Polsek Tingkatkan Pengamanan di Terminal Kalideres

Personel gabungan TNI dan Brimob dikerahkan mengamankan Terminal Kalideres.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Pemudik menurunkan barang bawaannya sebelum menaiki bus di Terminal Kalideres, Jakarta Barat, Kamis (28/4/2022).
Foto: ANTARA/Muhammad Iqbal
Pemudik menurunkan barang bawaannya sebelum menaiki bus di Terminal Kalideres, Jakarta Barat, Kamis (28/4/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepolisian Sektor (Polsek) Kalideres meningkatkan pengamanan arus mudik pada H-3 Lebaran di Terminal Kalideres, Jakarta Barat (Jakbar). "Kita dari Polsek yang mana di sini ada pengamanan gabungan termasuk dengan TNI dan Brimob," kata Kapolsek Kalideres AKP Syafri Wasdar saat ditemui di Terminal Kalideres, Jakbar, Jumat (29/4/2022).

Syafri mengatakan, personel yang dikerahkan untukmeminimalkan kemungkinan terjadinya tindakan kejahatan. "Untuk itu, kami juga menurunkan anggota yang berpakaian preman. Rekan-rekan Brimob juga keliling secara berkala untuk lakukan pemantauan," katanya.

Sampai hari ini, kata Syafri, belum ada laporan terkait tindakan kejahatan di Terminal Kalideres. Selain memperkuat pengamanan, Polsek Kalideres bekerja sama dengan Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta dan pengelola terminal menyediakan fasilitas kesehatan bagi calon pemudik.

"Terdapat sejumlah layanan, yaitu vaksinasi, tes antigen gratis, pelayanan kesehatan bagi mereka yang merasa kurang sehat dan cek urine bagi pengemudi bus," kata Syafri.

Berbagai layanan tersebut telah tersedia sejak satu pekan lalu dan dapat dimanfaatkan masyarakat hingga malam hari. Syafri mengatakan, pihaknya dan pengelola terminal juga melakukan pengecekan terkait kepatuhan penggunaan aplikasi PeduliLindungi di terminal sebagai salah satu upaya penelusuran (tracing) Covid-19.

"Dari aplikasi bisa kita lihat status pemudik, dan sejauh ini pemudik yang melakukan vaksinasi booster di Terminal Kalideres sejumlah di bawah 100 (orang). Maka, boleh dipastikan penumpang sebagian besar sudah laksanakan booster," kata Syafri.

Dia juga mengimbau masyarakat yang melakukan mudik Lebaran untuk senantiasa mematuhi protokol kesehatan (prokes) karena pandemi Covid-19 belum berakhir. "Selain itu, mari lakukan vaksinasi lengkap, patuh prokes dan gunakan masker. Dan terus waspada dengan orang-orang asing di sepanjang perjalanan," ujar Syafri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement