Jumat 29 Apr 2022 02:33 WIB

Mudik, Pastikan Ketangguhan Motor Sebelum Berangkat

Ada empat bagian terpenting motor yang harus diperhatikan saat dipakai mudik

Masyarakat yang hendak mudik dengan sepeda motor diingatkan untuk mempersiapkan kondisi fisik dan kendaraannya.
Foto: Istimewa
Masyarakat yang hendak mudik dengan sepeda motor diingatkan untuk mempersiapkan kondisi fisik dan kendaraannya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setelah dua tahun mudik terkendala pandemi Covid-19, tahun ini masyarakat bisa pulang kampung untuk merayakan Lebaran 2022. Ada banyak moda transportasi yang bisa digunakan masyarakat untuk mudik, salah satunya sepeda motor.

Masyarakat yang hendak mudik dengan sepeda motor diingatkan untuk mempersiapkan kondisi fisik dan kendaraannya. Kepala Divisi Marketing PT Surganya Motor Indonesia, Budi Rochmanudin, mengatakan pemudik dengan sepeda motor harus memastikan ketangguhan sepeda motornya sebelum berangkat. 

"Jangan sampai perjalanan yang ditempuh kurang nyaman bahkan berujung pada kecelakaan fatal," ujar Budi dalam  keterangan tertulisnya, Kamis (28/4/2022). "Untuk menghindarinya, perlu lakukan servis agar masalah seperti tarikan berat, rem los, oli kering, dan ban botak teratasi."

Budi menyebutkan ada empat bagian terpenting motor yang harus diperhatikan saat dipakai mudik. Ia menyebutkan ganti oli yang tahan lama, servis lengkap, ganti ban yang sudah botak, juga bila perlu ganti sparepart yang sudah aus atau berkarat. 

Servis lengkap pada motor pun pengerjaannya paling tidak mencakup minimal empat bagian yaitu pembersihan throttle body atau ruang karburator yang kotor. Lalu pembersihan CVT atau sekitar bagian rantai motor, pembersihan ruang oli, dan pembersihan ruang bahan bakar.

"Sebenarnya untuk mendapatkan semua servis ini, Planet Ban telah menyiapkan layanan servis lengkap untuk kelancaran mudik Anda," ujar dia.

Budi juga menyatakan para pemudik yang mengalami masalah di perjalanan tak perlu khawatir karena Planet Ban memiliki lebih dari 1.000 toko yang tersebar di Indonesia. Mulai dari Lampung, Pulau Jawa, Denpasar dan Kalimantan Timur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement