Senin 25 Apr 2022 15:53 WIB

Imbauan Mudik Lebih Awal: Jangan Sampai Tragedi Brexit 2016 Terulang

Puncak arus mudik tahun ini diprediksi terjadi pada 28-30 April 2022.

Pemudik menunggu untuk diberangkatkan dalam Mudik Gratis Polri 2022 di kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin (25/4/2022). Polda Metro Jaya memberangkatkan sebanyak 540 pemudik dengan 13 bus pada hari pertama pemberangkatan Mudik Gratis Polri 2022 dari Jakarta ke 21 kota tujuan di Pulau Jawa.
Foto:

Mulai hari ini, pihak kepolisian menggelar uji coba penerapan ganjil-genap arus mudik Lebaran 2022 dengan di ruas jalan tol. Penerapan sistem ganjil-genap ini dilakukan untuk mengantisipasi kemacetan akibat arus mudik.

"Tanggal tanggal 25 April pukul 11.00 WIB sampai dengan 13.00 WIB akan ada uji coba ganjil genap di tol Jakarta-Cikampek," ujar Kasubdit Gakkum Polda Metro Jaya, AKBP Jamal Alam, dalam pesan singkatnya, Senin.

Jamal menerangkan, sejumlah ruas di Tol Cikampek sudah disiapkan untuk pemberlakuan uji coba ganjil-genap tersebut. Di antaranya uji coba ganjil-genap dilakukan di KM 47 sampai Gerbang Tol Cikampek Utara KM 70. 

"Kendaraan dengan nomor genap tidak boleh masuk ke jalan layang tol MBZ, dan akan dikeluarkan di GT Cikarang Barat," kata Jamal.

Kemudian, pada Selasa (26/4/2022), ganjil-genap akan diterapkan di KM 47 sampai Gerbang Tol Palimanan KM 188 dari pukul 11.00-13.00 WIB. pada Rabu (27/4/2022), ganjil-genap dimulai pukul 10.00-17.00 WIB di KM 47 sampai Gerbang Tol Kalimgkung KM 144.

Saat uji coba ganjil-genap di jalan tol Jakarta-Cikampek KM 47 hingga KM 70, Senin, kendaraan pemudik yang melanggar kebijakan ganjil-genap dikeluarkan di gerbang Tol Karawang Barat.

"Kebijakan ini dilakukan untuk kelancaran arus mudik lebaran," kata Kabag Ops Korlantas Polri, Kombes Pol Eddy Djunaedy, di Karawang.

Ia mengatakan, kendaraan yang tak sesuai dengan ketentuan ganjil-genap dikeluarkan di gerbang tol terdekat. Sedangkan dalam operasi itu, petugas mengeluarkan kendaraan yang melanggar melalui gerbang Tol Karawang Barat.

Disebutkan bahwa, uji coba ganjil-genap di jalan tol tersebut untuk melihat kesiapan dan tingkat efektivitasnya. Hal tersebut dilakukan karena penerapan ganjil-genap diharapkan dapat mengurangi kepadatan yang terjadi di jalan tol selama musim mudik lebaran.

Sementara itu, uji coba ganjil-genap di jalan Tol Jakarta-Cikampek mengakibatkan kepadatan arus lalu lintas pada Senin siang. Pantauan di lapangan, kendaraan yang melintasi jalan Tol Jakarta-Cikampek didominasi kendaraan pribadi, dan masih cukup banyak kendaraan truk yang melintas.

 

photo
5 jalur alternatif arus balik-mudik lebaran di Kabupaten Banyumas. - (republika)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement