Senin 25 Apr 2022 12:41 WIB

Basarnas Ambon Siapkan 118 Peronel Disiagakan Selama Mudik 2022

Para personel Basarnas bersiaga di bandara, pelabuhan, hingga tempat pariwisata.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Personel Basarnas Ambon bersiaga selama musim mudik Lebaran 2022.
Foto: Dok Basarnas Ambon
Personel Basarnas Ambon bersiaga selama musim mudik Lebaran 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, AMBON -- Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Ambon menggelar apel siaga SAR menjelang mudik Idul Fitri 1443 Hijriyah dengan menyiapkan 118 personel yang tersebar di berbagai pos SAR di Provinsi Maluku. "118 personel ini disiagakan selama 14 hari, terhitung mulai tanggal 25 April hingga 8 Mei 2022," kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Ambon, Mustari di Kota Ambon, Senin (25/4/2022).

Para personel tersebut tersebar di Kantor Barasnas Ambon maupun pos SAR, yakni di Namlea, Banda, Tual, Saumlaki, dan unit siaga SAR Dobo. Mustari menjelaskan, personel di Kota Ambon disiagakan di beberapa lokasi, yakni Bandara Pattimura Ambon, Pelabuhan Yos Sudarso, Pelabuhan Fery Galala, Pelabuhan Liang, serta beberapa tempat wisata. "Hal yang sama juga dilakukan pada masing-masing pos SAR yang ada," ucap Mustari.

Basarnas Ambon juga telah menyiagakan 18 alat utama, yakni sea raider satu unit, kapal kelas II dua unit, RIB lima unit, dan ruberboat 15 unit. "Hal ini sebagai upaya memaksimalkan kesiapsiagaan Basarnas Ambon dalam mengantisipasi bilamana terjadi musibah selama siaga SAR berlangsung," kata Mustari.

Selama pelaksanaan siaga SAR, dia berharap, para personel tetap menerapkan protokol kesehatan serta membangun koordinasi dan sinergiyang baik dengan unsur potensi di lapangan. "Gelaran siaga SAR ini juga dilakukan secara serempak pada unit pelaksanaKantor SAR seluruh Indonesia," jelas Mustari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement