Ahad 24 Apr 2022 08:56 WIB

Empat Armada Kapal Disiapkan Layani Mudik Gratis ke Kepulauan di Sumenep

Calon penumpang harus sudah divaksinasi Covid-19.

Calon penumpang antre memasuki kapal perintis Sabuk Nusantara 91 di Pelabuhan Tanjungwangi, Banyuwangi, Jawa Timur, Rabu (20/4/2022). (Ilustrasi)
Foto: ANTARA/Budi Candra Setya
Calon penumpang antre memasuki kapal perintis Sabuk Nusantara 91 di Pelabuhan Tanjungwangi, Banyuwangi, Jawa Timur, Rabu (20/4/2022). (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SUMENEP--Pemerintah Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, menyediakan empat armada kapal untuk melayani program mudik gratis pada Lebaran 1443 Hijriah dari Pelabuhan Kalianget. Kapal akan melayani mudik gratis menuju sejumlah kepulauan di daerah itu.

Menurut Bupati Sumenep Achmad Fauzi, keempat kapal itu masing-masing Kapal Perintis KM Sabuk Nusantara 91, Kapal Dharma Kartika, Kapal Satya Kencana, dan Kapal Dharma Bahari Sumekar (DBS) III.

Baca Juga

"Ini merupakan hari pertama, dan program mudik gratis ini akan berlangsung hingga H-2 Lebaran atau tanggal 30 April 2022," katanya di Sumenep, Sabtu (24/4/2022).

Ia menjelaskan, program mudik gratis ini dengan rute seluruh kepulauan yang ada di Sumenep. Yakni, Masalembu, Kangean, Sapeken, Raas dan Pulau Sapudi. Bupati mengemukakan warga yang hendak memanfaatkan program mudik gratis ini harus melampirkan sejumlah persyaratan, antara lain fotokopi KTP/KK dan telah divaksinasi Covid-19.

"Vaksinasi menjadi syarat, karena selain memang telah menjadi ketentuan, juga karena kami ingin mencegah terjadinya penyebaran Covid-19," katanya.

Warga kepulauan yang memanfaatkan mudik gratis perdana ini, ujar dia, umumnya merupakan warga yang bekerja di daratan di Kabupaten Sumenep, dan ada juga yang bekerja di luar Madura, seperti Malang, Surabaya dan Jakarta, dengan tujuan Pulau Masalembu.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement