Sabtu 23 Apr 2022 20:06 WIB

Polisi Siapkan Pos Terpadu di Jalur Gentong Tasikmalaya

Pos Terpadu di Jalur Gentong Tasikmalaya untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Ratna Puspita
Polisi mengecek kesiapan pos terpadu di Jalur Gentong, Kabupaten Tasikmalaya, jelang momen mudik Lebaran, Sabtu (23/4/2022).
Foto: Dok. Polres Tasikmalaya Kota
Polisi mengecek kesiapan pos terpadu di Jalur Gentong, Kabupaten Tasikmalaya, jelang momen mudik Lebaran, Sabtu (23/4/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA -- Aparat kepolisian meninjau kesiapan Jalur Gentong di Kabupaten Tasikmalaya menjelang momen mudik Lebaran 1443 H. Sejumlah fasilitas sudah ditempatkan di Pos Terpadu Letter U Gentong untuk mendukung kelancaran mudik.

Kapolres Tasikmalaya Kota, AKBP Aszhari Kurniawan, mengatakan, Jalur Gentong merupakan salah satu alternatif jalan yang biasa dilintasi pemudik dari Jakarta atau Bandung untuk menuju Jawa Tengah. Untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan saat arus mudik dan arus balik, polisi telah mendirikan Pos Terpadu di Letter U Gentong, Kabupaten Tasikmalaya.

Baca Juga

"Kami sudah siagakan personel, baik dari polisi, TNI, Pemkab Tasikmalaya, di sini," kata dia, Sabtu (23/4/2022).

Aszhari menambahkan, di pos itu juga telah disiapkan fasilitas pendukung seperti gerai vaksinasi dan untuk pengetesan swab antigen. Nantinya, petugas di lapangan akan melakukan pemeriksaan secara acak kepada pengguna jalan. Apabila terdapat pengguna jalan yang belum melaksanakan vaksinasi, petugas akan melakukannya di pos terpadu.

Tak hanya itu, di pos terpadu itu juga disiapkan mobil derek dan bengkel darurat. Fasilitas itu disiapkan untuk mengantisipasi adanya kendaraan yang bermasalah.

"Di jalur ini sering terjadi kerusakan kendaraan, karena medan di sini berliku dan banyak tanjakan," kata dia.

Aszhari mengatakan, pihaknya juga telah menyiagakan alat berat di Jalur Gentong. Itu disiapkan mengantisipasi kejadian bencana saat momen mudik.

Kapolres mengimbau para pengguna jalan memastikan dirinya dalam kondisi kesehatan yang fit. Apabila pengguna jalan butuh istirahat, polisi sudah menyiapkan beberapa titik rest area di sepanjang jalur itu.

"Silakan dimanfaatkan rest area itu," kata dia. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement