Kamis 21 Apr 2022 14:43 WIB

Alumni Universitas BSI Kembangkan Merek Lokal Ciptaannya Sendiri

Produk lokal buatan alumni Universitas BSI berhasil meraup omzet puluhan juta rupiah

Alumni Universitas BSI berhasil menciptakan merek sendiri dengan nama RnF Creations dan meraup omzet puluhan juta rupiah.
Foto: UBSI
Alumni Universitas BSI berhasil menciptakan merek sendiri dengan nama RnF Creations dan meraup omzet puluhan juta rupiah.

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA – Belakangan ini merek lokal kembali bergaung di pasar Indonesia. Banyak merek-merek lokal buatan anak negeri yang berhasil meraih kesuksesan, bahkan produknya ada yang sampai ke pasar internasional. Di tengah euforia merek lokal tak sedikit pula para pebisnis muda yang mencoba membuat merek sendiri.

Salah satunya alumni Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Tasikmalaya, Risma Nur Fauziah atau akrab disapa Risma. Dia berhasil menciptakan merek sendiri dengan nama RnF Creations. Produk dari RnF Creations bermacam-macam di antaranya aksesoris fesyen, jilbab, hingga pakaian muslim.

Baca Juga

Berawal dari membantu ayahnya yang seorang penjahit, Risma terus belajar untuk berkembang hingga memiliki merek sendiri. Mereknya kini berhasil masuk ke pasar lokal dan berhasil meraup omzet puluhan juta rupiah setiap bulannya.

Selain pasar lokal, Risma juga mulai memperluas jaringan bisnisnya dengan memanfaatkan beberapa marketplace sebagai media pemasaran produknya. Penjualan produknya di beberapa marketplace telah berhasil menyentuh angka ribuan barang yang terjual.

“Sampai saat ini saya masih terus belajar untuk mengembangkan bisnis ini agar merek RnF Creations dapat dikenal di seluruh negeri. Bahkan jika memungkinkan ingin merambah pasar internasional juga seperti merek-merek lokal lainnya,” ujar Risma, Rabu (20/4/2022).

Selain di bidang fesyen, ia juga mencoba memperluas bisnisnya di bidang kuliner dengan mengeluarkan produk berupa keripik seblak. Produk barunya banyak diminati masyarakat terutama kalangan remaja. Bahkan ini juga sudah mulai dipesan oleh orang-orang dari berbagai kota di luar Tasikmalaya.

Koordinator BSI Entrepreneur Center (BEC) Universitas BSI kampus Tasikmalaya Recha Abriana Aggraini mengungkapkan harapannya untuk Risma. Ia berharap,merek yang diciptakan Risma semakin besar dan banyak dikenal masyarakat luas.

“Risma menjadi salah satu alumni yang bisa dibilang sukses dalam berbisnis. Di Universitas BSI, kami ajarkan mahasiswa dan alumni untuk menjalankan bisnis dan itu menjadi tujuan dari BEC. Alhamdulillah Risma menjadi salah satu contoh berhasil dari adanya BEC di Universitas BSI,” tandas Recha.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement