Rabu 20 Apr 2022 03:30 WIB

PKS Ziaram Makam Jannatul Ma’la Makkah

Rombongan DPP PKS berziarah ke sejumlah ulama yang dimakamkan di sana.

Pimpinan PKS saat berziaram makam  Jannatul Ma’la, Makkah, Jum’at (15/4/2022)
Foto: istimewa/doc humas
Pimpinan PKS saat berziaram makam Jannatul Ma’la, Makkah, Jum’at (15/4/2022)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Ketua Majelis Syuro PKS Dr. Salim Segaf Aljufri memimpin rombongan DPP PKS, berziarah ke makam Jannatul Ma’la, Jum’at (15/4/2022). Rombongan ini terdiri Presiden PKS Ahmad Syaikhu, Bendahara Umum PKS Mahfudz Abdurrahman, dan Ketua Fraksi PKS DPR Jazuli Juwiani.

Di Jannatul Ma’la, Salim dan rombongan mendoakan seluruh kerabat dan sahabat serta para ulama yang dimakamkan di sini. Serta secara khusus berdoa di pusara Ummul Mukminin Sayyidah Khadijah, ulama dunia asal Indonesia Imam Nawawi Al-Bantani, ulama Timur Tengah dan pengajar di Masjidil Haram Sayyid Muhammad bin Alawi Al-Maliki Al-Hasani, serta ulama Nahdlatul Ulama KH Maemon Zubair.

Pada tiap-tiap pusara, Salim memberikan pesan keteladanan dari para kekasih Allah SWT tersebut. "Sayyidah Khadijah adalah teladan muslimah di seluruh dunia. Beliau selalu berada di samping Rasulullah di awal-awal kenabian dan dikala susah penuh cobaan. Beliau tidak pernah mengeluh sekalipun. Hingga Rasulullah begitu memuliakannya,” kata Salim, dalam siaran persnya, Selasa (19/4/2022).

Di pusara Imam Nawawi Al-Bantani, Salim Segaf mengatakan Imam Nawawi adalah ulama kharismatik tanah air yang sangat mashur dan sangat dihormati kuntribusi keilmuannya bagi dunia Islam. Mengarang banyak sekali kitab rujukan khususnya bagi kalangan pesantren di Asia Tenggara. "Kepada beliau kita belajar betapa kuat kesungguhan dalam mendalami Ilmu agama hingga mendapatkan tempat mulia di kota suci Makkah Al-Mukarramah dan dunia Islam," ungkap Salim.

Selain Imam Nawawi, tercatat ada sejumlah ulama nusantara lainnya yang juga dimakamkan di Jannatul Ma'la yaitu Syaikh Ahmad Khatib Sambas, Syaikh Junaid Betawi, Syaikh Abdul Haq Banten, Syaikh Ahmad Khatib Minangkabawi, Syaikh Abdul Hamid Kudus, Syaikh Mahfuzh Tremas, Syaikh Mukhtar Bogor, Syaikh Umar Sumbawa, Syaikh Abdul Qadir Mandailing, Syaikh Yasin Padang.

"Syaikh Nawawi Al-Bantani, Syaikh Junaid Betawi, dan Syaikh Ahmad Khatib Minangkabawi adalah 3 orang Indonesia yang pernah menjadi Imam Masjidl Haram. Masya Allah,” kata Salim Segaf.

Selanjutnya, Salim berdoa di makam Sayyid Muhammad bin Alawi Al-Maliki Al-Hasani. Salim menghormatiSayyid Muhammad sebagai guru dan guru para ulama nusantara dan dunia. Di antara jasa besarnya adalah selalu menyediakan kuota santri dan ulama dari Indonesia untuk menerima pengajaran langsung darinya, tanpa dipungut biaya. 

Terakhir, Salim berziarah ke makam KH Maimun Zubair (Mbah Moen), tokoh ulama kharismatik dari Pesantren Al Anwar Rembang. Mbah Moen dikenal sebagai ulama yang faqih sekaligus tawadhu dan teduh dalam dakwah sehingga begitu dihormati dan dicintai umat Islam tanah air.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement