Senin 18 Apr 2022 23:58 WIB

Dishub Kaltim Operasikan Semua Armada Antisipasi Mudik Lebaran

Pemprov Kaltim memaksimalkan semua armada yang ada.

Rep: ANTARA/ Red: Fuji Pratiwi
Mudik (Ilustrasi). Pemprov Kaltim tahun ini siap untuk mengoperasikan semua armada termasuk kendaraan angkutan umum untuk mengantisipasi kebutuhan selama mudik Lebaran.
Foto: ANTARA/Asep Fathulrahman
Mudik (Ilustrasi). Pemprov Kaltim tahun ini siap untuk mengoperasikan semua armada termasuk kendaraan angkutan umum untuk mengantisipasi kebutuhan selama mudik Lebaran.

REPUBLIKA.CO.ID, SAMARINDA -- Kepala Dinas Perhubungan Kalimantan Timur Arih Franata Filifus Sembiring menyebutkan Pemprov Kaltim tahun ini siap untuk mengoperasikan semua armada termasuk kendaraan angkutan umum untuk mengantisipasi kebutuhan selama mudik Lebaran.

"Jadi mudik tahun ini kami memaksimalkan semua armada yang ada," kata Arih Sembiring di Samarinda, Senin (18/4/2022).

Baca Juga

Dia mengatakan, sepekan yang lalu dirinya telah melakukan ramp check di Balikpapan dan semua transportasi terutama taksi rata-rata telah kembali beroperasi seperti saat sebelum pandemi Covid-19. "Mencapai 80 persen dari armada yang ada. Sedangkan 20 persen lainnya tidak bisa bergerak mungkin karena sedang di bengkel," terangnya.

Lanjut Sembiring, terdapat tiga sisi yang diperiksa dalam ramp check. Pertama sisi administrasi, kedua sisi fisik kendaraan dan ketiga sarana penunjang.

Sementara untuk kuota, pihaknya tidak membatasi jumlah penumpang yang ingin menggunakan angkutan umum, khususnya untuk mudik Lebaran. "Rencananya kita tidak membatasi angka. Begitu penuh, berangkat. Jadi sifatnya lebih kejar bola. Jangan sampai ada masyarakat yang kekurangan armada mudik Lebaran kali ini di semua terminal," harapnya.

Kadishub juga menambahkan ketentuan lain untuk mudik menggunakan angkutan umum ialah tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) serta memeriksa kesehatan para pengemudi. "Kemarin saya temukan beberapa supir ada yang usia 60. Nah kalau mengangkut antar kota harus segera dievaluasi," tegasnya.

 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement