Ahad 17 Apr 2022 00:16 WIB

1.200 Kursi Bus Mudik Gratis Tersedia di Terminal Poris Plawad Tangerang

Ada 1.200 kursi bus gratis menuju 14 wilayah untuk mudik dari Tangerang

Rep: Eva Rianti / Red: Nur Aini
Calon penumpang berjalan di Terminal Poris Plawad, Kota Tangerang, ilustrasi
Foto: Antara/Fauzan
Calon penumpang berjalan di Terminal Poris Plawad, Kota Tangerang, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG – Sebanyak 1.200 kursi bus untuk mudik gratis tersedia bagi warga Kota Tangerang yang akan diberangkatkan dari Terminal Poris Plawad, Cipondoh, Kota Tangerang, pada momen mudik Lebaran 2022. Mudik gratis di wilayah tersebut kembali diadakan setelah dua tahun mandek akibat pandemi Covid-19.

“Ya kita siap memfasilitasi, (Terminal Poris Plawad) sebagai tempat pemberangkatan. Kan mudik gratis itu program Kemenhub (Kementerian Perhubungan), jadi kita harus siap,” tutur Kepala Terminal Poris Plawad Alwien Athena Alwie saat dihubungi, Sabtu (16/4/2022).

Baca Juga

Alwien mengatakan, pihaknya melakukan koordinasi dengan berbagai pihak untuk melancarkan kegiatan mudik gratis tersebut. Koordinasi dilakukan terhadap perusahaan otobus (PO) untuk menyediakan armada bus yang mencukupi serta kesiapan pengemudi. Juga terhadap Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tangerang yang menjadi pelaksana utama program mudik gratis.

“Untuk pendaftaran di Dishub Kota Tangerang. Saya belum dapat laporan terkait berapa update-an jumlah pendaftarnya, mungkin Senin (18/4) saya tanya Dishub berapa yang daftar, nanti disesuaikan kebutuhan busnya,” tuturnya.

Dishub Kota Tangerang diketahui telah membuka posko validasi data mudik gratis dari Kementerian Perhubungan di kantor Dishub Kota Tangerang di Jalan Sitanala, Neglasari, Kota Tangerang. Ada 1.200 kursi bus menuju 14 wilayah yang diberikan Kemenhub bagi warga Kota Tangerang.

14 wilayah tujuan tersebut yakni Tegal, Semarang, Demak, Kudus, Wonogiri, Wonosari, Yogyakarta, Magelang, Wonosobo, Boyolali, Solo, Klaten, Kebumen, dan Purwokerto. Masyarakat bisa mendaftar melalui www.mudikgratishubdat.dephub.go.id, lalu melakukan validasi data ke kantor Dishub Kota Tangerang.

Kepala Dishub Kota Tangerang Wahyudi Iskandar mengatakan, posko mudik gratis dibuka selama kuota masih tersedia. Dia menyebut, keberangkatan pemudik gratis tersebut akan berlangsung hingga 28 April di Terminal Poris Plawad.

“Diimbau masyarakat untuk terus mencoba sampai ada informasi dari Kemenhub jika kuota sudah penuh. Kami hanya memfasilitasi lokasi posko validasi data dan keberangkatan saja,” tutur Wahyudi.

Dalam realisasi mudik gratis nantinya, Wahyudi memastikan semua kendaraan pemudik dalam keadaan layak untuk digunakan serta para pengemudinya juga sehat. Sehingga, diharapkan kegiatan mudik tahun ini dapat berjalan dengan lancar. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement