Ahad 17 Apr 2022 04:30 WIB

Demak Siapkan Destinasi Wisata Sambut Pemudik Lebaran 2022

Libur Lebaran dijadikan momentum menggaet pemudik belanja di Demak

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Nur Aini
Pengunjung berada di halaman Masjid Agung Demak, Jawa Tengah, Kamis (31/3/2022). Masjid yang dipercayai pernah menjadi tempat berkumpulnya para ulama atau Wali Songo dalam menyebarkan agama Islam di tanah Jawa tersebut merupakan destinasi wisata religi andalan di Kabupaten Demak.
Foto: Antara/Andreas Fitri Atmoko
Pengunjung berada di halaman Masjid Agung Demak, Jawa Tengah, Kamis (31/3/2022). Masjid yang dipercayai pernah menjadi tempat berkumpulnya para ulama atau Wali Songo dalam menyebarkan agama Islam di tanah Jawa tersebut merupakan destinasi wisata religi andalan di Kabupaten Demak.

REPUBLIKA.CO.ID, DEMAK—  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Demak terus berbenah untuk menyambut para pemudik baik yang akan tiba maupun melintas-di daerahnya. Sejumlah destinasi wisata yang ada di ‘Kota Wali’ ini pun terus dipersiapkan untuk mengantisipasi lonjakan kunjungan, pada libur cuti bersama hari raya Idul Fitri 1443 Hijriah nanti.

“Jawa Tengah diprediksi bakal kedatangan 15 juta pemudik, maka Pemkab Demak juga telah mempersiapkan berbagai hal untuk menyambut mereka,” ungkap Bupati Demak, Eisti'anah di Demak, Jawa Tengah, Sabtu (16/4/2022).

Baca Juga

Pada libur Lebaran nanti, ujarnya, akan dijadikan Pemkab Demak sebagai momentum untuk menggaet para pemudik agar memperpanjang masa tinggal, berwisata, dan membelanjakan uangnya di wilayah Kabupaten Demak.

Sehingga, kedatangan para pemudik tersebut akan mampu mendorong berbagai kegiatan perekonomian yang ada di Kabupaten Demak.

 

“Saat ini berbagai daya tarik wisata (DTW) yang ada di Kabupaten Demak terus bersolek, bebagai fasilitas akomodasi juga terus dipersiapkan, termasuk di sektor UMKM persiapannya juga terus dioptimalkan,” kata Eisti’anah.

Dalam menjamin kenyamanan dan kelancaran dalam menyambut para pemudik, ujarnya, Pemkab Demak akan berkoordinasi dengan jajaran Polri dan TNI, baik dalam mengantisipasi kemacetan, ketertiban, serta keamanan. Dinas Pariwisata (Disparta) Kabupaten Demak juga didorong untuk memastikan semua pengelola DTW siap dengan dengan penerapan protokol kesehatan dan startegi pencegahan Covid-19 lainnya.

Momentum itu juga dimanfaatkan untuk membuka layanan vaksinasi booster, guna mendukung target capaian vaksinasi penguat tersebut dari Pemerintah Pusat. Disparta bersama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Demak serta dukungan instansi lainnya seperti TNI dan Polri, juga menyiapkan gerai vaksinasi booster titik- titik keramaian serta tempat tujuan wisata.

“Baik SDM kesehatan maupun ketersediaan vaksin booster telah dipersiapkan dan pada saatnya nanti akan disiagakan di titik- titik lokasi yang banyak kunjungan masyarakat/ wisatawan,” kata Eisti’anah.

Sebelumnya, Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Tengah mennyampaikan, pada momentum libur hari raya Idul Fitri tahun ini, Jawa tengah bakal kedatangan 15 juta pemudik yang akan masuk ke berbagai daerah di Jawa Tengah. Hal itu karena, Jawa Tengah menjadi tempat perlintasan pemudik dari Jakarta yang akan menuju ke berbagai daerah di Jawa Timur maupun Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement