Ahad 01 May 2022 01:38 WIB

3.164 Peserta se-Indonesia Ikut Pekan Tilawatil Quran di Aceh

PTQ tahun 2022 ini mencapai 3.164 peserta di seluruh Indonesia

Kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) - ilustrasi
Foto: Edi Yusuf/Republika
Kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) - ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, BANDA ACEH -- Sebanyak 3.164 peserta dari berbagai daerah seluruh Indonesia ikut meramaikan Pekan Tilawatil Quran (PTQ) Tingkat Nasional ke-52 Radio Republik Indonesia (RRI) di Takengon, Kabupaten Aceh Tengah, Provinsi Aceh. "PTQ tahun 2022 ini mencapai 3.164 peserta di seluruh Indonesia, di mana pada tahun 2021 hanya diikuti 2.500 peserta," kata Direktur Utama LPP RRI I Hendrasmo di Aceh Tengah, belum lama ini. 

PTQRRI ke 52 dibuka langsung oleh Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin di Lapangan Setdakab Kabupaten Aceh Tengah. Ia menjelaskan PTQ RRI bukan hanya sebagai media syiar Islam atau menyemarakkan bulan suci Ramadhan semata. Namun juga sebagai ajang untuk memberi ruang kepada generasi muda dalam meningkatkan kemampuan membaca Alquran.

Baca Juga

"Sehingga diharapkan mereka dapat memahami isi dan kandungan Alquran sebagai penuntun menuju kualitas kehidupan beragama yang semakin baik, serta mampu mengimplementasikan dalam kehidupan keseharian," katanya.

Ia menilai, ajang nasional tersebut juga memberikan ruang kepada para penyandang disabilitas sensorik netra untuk mengikuti lomba cabang Tartil Quran melalui secara virtual. Mereka akan dinilai langsung oleh Dewan Hakim dari Kementerian Agama.

"Hal ini sebagai bentuk inklusivitas LPP RRI dalam memberi layanan kepada semua lapisan masyarakat, termasuk masyarakat yang rentan, termarjinalkan, kelompok disabilitas, dan sebagainya," katanya.

Selain perlombaan PTQ, kegiatan tersebut juga dilengkapi dengan pameran UMKM binaan Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah. Tujuannya agar mendorong dan meningkatkan gairah usaha mikro kecil dan menengah di daerah itu.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement